EVALUASI PROGRAM PEMBERIAN TABLET ZAT BESI (Fe) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CENDRAWASIH KOTA MAKASSAR = Evaluation of Iron (Fe) Tablet Supplementation in Puskesmas (Community Healthcare Center) Cendrawasih Makassar City


Octavia, Armiaty (2022) EVALUASI PROGRAM PEMBERIAN TABLET ZAT BESI (Fe) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CENDRAWASIH KOTA MAKASSAR = Evaluation of Iron (Fe) Tablet Supplementation in Puskesmas (Community Healthcare Center) Cendrawasih Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011181333_skripsi_14-07-2022 cover1.png

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011181333_skripsi_14-07-2022 1-2.pdf

Download (658kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011181333_skripsi_14-07-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011181333_skripsi_14-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Keberhasilan program pemberian tablet Fe dapat dilihat secara tepat melalui tahap evaluasi. Evaluasi tersebut nantinya mampu memberikan gambaran apakah kegiatan tersebut dapat diteruskan, ditunda, ditingkatkan ,diterima, atau ditolak. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program suplementasi tablet Fe untuk ibu hamil di Puskesmas Cendrawasih Kota Makassar dengan penerapan evaluasi program. Metode: Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – April 2022. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi langsung. Penelitian dilakukan di Puskesmas Cendrawasih Kota Makassar. Informan dalam penelitian ini berjumlah 15 orang terdiri dari Kepala Puskesmas, Tenaga Kesehatan Puskesmas, dan pasien Ibu hamil. Hasil: Aspek evaluasi konteks didapatkan para ibu menyadari akan pentingnya memeriksa kualitas tablet sebelum dikonsumsi dan harus memenuhi syarat lain seperti kadar Hb yang kurang. Aspek evaluasi input didapatkan puskesmas harus menyediakan pelengkap utama sebelum memberikan tablet Fe, yaitu tablet penambah darah. Aspek evaluasi proses disimpulkan untuk pendistribusiannya, jika ibu hamil tidak mencukupi atau tidak mencapai target datang ke puskesmas, maka distribusi tablet Fe dapat dilakukan pada kunjungan rumah dan posyandu. Aspek evaluasi produk, didapatkan kedepannya akan dilakukan konseling dari kader pihak Puskesmas Cendrawasih Kota Makassar yang akan fokus pada pemberian edukasi kepada ibu-ibu hamil terkait tablet Fe yang dikonsumsi. Kesimpulan: Aspek evaluasi proses disimpulkan untuk pendistribusiannya, jika ibu hamil tidak mencapai target kunjungan puskesmas, maka distirbusi tablet Fe dilakukan pada kunjungan rumah dan posyandu. Pada aspek evaluasi produk, didapatkan hasil kedepannya akan dilakukan konseling pihak kader Puskemas Cendrawasih Kota Makassar yang akan fokus pada pemberian edukasi terkait tablet Fe pada ibu hamil.

Kata Kunci: Evaluasi,Tablet Fe,Puskesmas,Ibu Hamil

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluation, Fe Tablet, Community Health Center, Pregnancy
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 23 Aug 2022 01:29
Last Modified: 23 Aug 2022 01:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18244

Actions (login required)

View Item
View Item