Ikhsan, Maulana Nur (2020) PENGARUH JENIS TUMPUAN JEMBATAN PENGHUBUNG (SKYBRIDGE) TERHADAP KESTABILAN STRUKTUR BANGUNAN BERLANTAI BANYAK. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D51116022_skripsi COVER1.png
Download (145kB) | Preview
D51116022_skripsi 1-2.pdf
Download (1MB)
D51116022_skripsi DP.pdf
Download (446kB)
D51116022_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Dalam perencanaan struktur bangunan berlantai banyak, diperlukan studi mengenai pemilihan jenis tumpuan yang efektif pada jembatan penghubung. Namun saat ini, studi mengenai hal tersebut masih sangat kurang. Adapun penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbandingan nilai kestabilan struktur bangunan berlantai banyak yang dihubungkan jembatan penghubung (skybridge) dengan variasi jenis tumpuan rol, sendi, dan kaku. (2) mengetahui perbandingan nilai kestabilan struktur bangunan berlantai banyak pada dua variasi posisi jembatan penghubung (skybridge). Struktur bangunan terdiri dari dua bangunan identik 50 lantai dengan material utama beton bertulang. Struktur bangunan dianalisis dengan program ETABS. Analisis yang digunakan adalah analisis dinamik Time linear History, menggunakan 3 data gempa yaitu Gempa Kobe (Jepang), Gempa Tabas (Iran), dan Gempa Chi-chi (Taiwan). Hasil penelitian menunjukkan pada variasi posisi P1, nilai displacement terendah adalah 102,490 mm yang terdapat pada variasi tumpuan T2 yaitu Kaku-kaku, Kaku-kaku. Sedangkan pada variasi posisi P2, nilai displacement terendah adalah 89,955 mm yang terdapat pada variasi tumpuan T8 yaitu tumpuan Kaku-Sendi, Sendi-Kaku. Berdasarkan kedua nilai displacement tersebut dapat disimpulkan variasi tumpuan T8 pada variasi posisi P2 adalah variasi tumpuan dan posisi yang paling efektif dalam menstabilkan bangunan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Depositing User: | Andi Milu |
Date Deposited: | 05 Jan 2021 00:09 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:35 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1820 |