PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK PROMOSI DIRI NOTARIS SECARA TIDAK LANGSUNG = THE USE OF SOSIAL MEDIA TO SELF-PROMOTE NOTARY INDERICTLY


Sukri, Nur Rafiqa (2021) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK PROMOSI DIRI NOTARIS SECARA TIDAK LANGSUNG = THE USE OF SOSIAL MEDIA TO SELF-PROMOTE NOTARY INDERICTLY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B022191023_tesis cover1.jpg

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B022191023_tesis bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B022191023_tesis daftar pustaka.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B022191023_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Nur Rafiqa Sukri, B022191023, Penggunaan Sosial Media Untuk Promosi Diri Notaris Secara Tidak Langsung, dibimbing oleh Irwansyah dan Iin Karita Sakharina.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengkaji praktik penggunaan media sosial oleh Notaris yang dikategorikan sebagai promosi diri tidak langsung dan untuk menganalisis dan mengevaluasi bentuk pengawasan yang dilakukan oleh Dewan Kehormatan Notaris terhadap adanya dugaan pelanggaran kode etik Notaris dalam mempromosikan diri melalui media sosial.
Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris. Penelitian ini dilakukan di Kota Makassar, yaitu pada Majelis Pengawas Daerah Kota Makassar, Dewan Kehormatan Daerah Notaris di Kota Makassar, serta Dewan Kehormatan Wilayah Notaris. Keseluruhan data yang diperoleh dari penelitian ini, baik data primer maupun data sekunder kemudian dianalisis secara kualitatif menggunakan metode deskriptif.
Hasil penelitian menemukan bahwa 1) Praktik penggunaan media sosial oleh Notaris yang dikategorikan sebagai promosi diri tidak langsung belum diatur secara rinci di dalam Kode Etik Notaris sehingga menimbulkan berbagai pendapat yang berbeda di kalangan Notaris mengenai yang mana perbuatan yang termasuk promosi diri dan tidak termasuk promosi diri. 2) Bentuk pengawasan yang dilakukan oleh Dewan Kehormatan Notaris terhadap adanya dugaan pelanggaran kode etik Notaris dalam mempromosikan diri melalui media sosial adalah dengan menerima laporan dari masyarakat terkait dengan adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Notaris, dan selanjutnya mencari fakta atas dugaan pelanggaran tersebut dengan memanggil Notaris yang bersangkutan untuk memberikan klarifikasi atas pelanggaran yang dilakukan. Selain itu, bentuk pengawasan lainnya yang dilakukan oleh Dewan Kehormatan Notaris adalah melalui pembinaan dan pengarahan secara berkala dan terus menerus kepada Notaris agar mereka tetap taat dan mematuhi kode etik serta UUJN dalam menjalankan jabatannya.

Keywords : Media Sosial; Notaris; Promosi Diri

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Notary; Self Promotion; Social Media
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Kenotariatan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Aug 2022 07:10
Last Modified: 22 Aug 2022 07:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18193

Actions (login required)

View Item
View Item