PERAN ELIT PARTAI DALAM PENENTUAN CALON ANGGOTA LEGISLATIF 2019 (STUDI KASUS PARTAI AMANAT DAPIL 1 KOTA MAKASSAR)


Amir, Asnul Mufida (2021) PERAN ELIT PARTAI DALAM PENENTUAN CALON ANGGOTA LEGISLATIF 2019 (STUDI KASUS PARTAI AMANAT DAPIL 1 KOTA MAKASSAR). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E11115301_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
E11115301_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
E11115301_skripsi_dp.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
E11115301_skripsi_dp.pdf

Download (449kB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran elit Partai Amanat Nasional Kota Makassar pada saat proses penetapan daftar calon tetap anggota legislatif partai amanat nasional Kota Makassar Dapil I yaitu kecamatan Makassar, Ujung Pandang, dan Rapoccini. Dengan rumusan masalah, Bagaimana peran elit partai Amanat Nasional (PAN) dalam proses penentuan daftar Caleg Dapil 1 di Kota Makassar 2019? Serta Bagaimana dinamika dalam penentuan daftar calon anggota legislatif Dapil 1 di Kota Makassar 2019?
Dalam penelitian ini Teori yang digunakan dalam melakukan analisis yaitu ini teori elit dan konsep rekrutmen politik. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara secara mendalam. Lokasi penelitian dilakukan di Kota Makassar, khususnya pengurus DPD dan DPW Partai Amanat Nasional yang terlibat dalam proses penetapan calon anggota legislatif Partai Amanat Nasional Kota Makassar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran elit Partai Amanat Nasional Kota Makassar dalam menentukan calon anggota legislafif yaitu: Membuat dan Menjalankan mekanisme rekruitmen bakal calon anggota legislatif Partai Amanat Nasional, elit Partai Amanat Nasional sebagai Elit Penentu dimana hampir semua keputusan dikembalikan kepada ketua DPD dan DPW Partai Amanat Nasional Kota Makassar. Adapun dinamika dalam penetapan daftar calon sementara yaitu terdapat 21 nama namun beberapa nama yang sebelumnya tidak mendaftarkan diri kedalam daftar calon sementara kemudian tiba-tiba dimasukkan kedalam daftar calon tetap dan semua merupakan orang-orang yang mempunyai hubungan kedekatan dengan elit partai .Partai Amanat Nasional dalam menetapkan daftar calon tetap tidak terpengaruh oleh kelompok eksternal di luar partai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Elit, PAN Kota Makassar, Pileg 2019
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Sosial
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:48
Last Modified: 22 Aug 2022 02:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18155

Actions (login required)

View Item
View Item