Museum Peringatan Bencana Kota Palu dengan Konsep Arsitektur Monumental = Palu City Disaster Memorial Museum in Monumental Architecture Concept


Balleo, Rona Aprilia (2021) Museum Peringatan Bencana Kota Palu dengan Konsep Arsitektur Monumental = Palu City Disaster Memorial Museum in Monumental Architecture Concept. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D51116015_skripsi_cover1.jpg

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D51116015_skripsi_bab 12.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D51116015_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D51116015_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract (Abstrak)

Bencana alam merupakan fenomena atau kejadian yang tidak dapat dihindari. Salah satu bencana yang cukup besar yang pernah terjadi di Indonesia adalah bencana di kota Palu, Sulawesi Tengah, pada tanggal 28 September 2018. Dalam peristiwa ini terjadi tiga bencana alam sekaligus dalam satu kurun waktu, yaitu gempa bumi, likuifaksi, dan tsunami. Bencana ini mengakibatkan banyak kerugian yang mengindikasikan rendahnya pengetahuan masyarakat tentang mitigasi bencana. Peristiwa tersebut menunjukkan bahwa daerah ini memerlukan fasilitas yang mendukung edukasi mitigasi bencana terutama kepada masyarakat Kota Palu dan sekitar. Konsep arsitektur monumental diangkat sebagai tema perancangan karena prinsipnya dianggap mampu membangkitkan rasa semangat bagi masyarakat sekitar untuk bangkit dari dampak peristiwa. Penerapannya dalam perancangan ini dimulai dengan pemilihan lokasi yang berpotensi dan sesuai dengan peruntukan lahan. Terdapat 3 elemen yang berkaitan dengan peristiwa yang menjadi dasar dalam perancangan, yaitu waktu kejadian, tanah (retakan) dan air (gelombang). Elemen lokal juga turut digunakan untuk memberikan identitas terhadap peracangan, yaitu Sou Raja, dan Batik Bomba. Pada akhirnya kawasan Museum Peringatan Bencana Kota Palu akan mampu mencerminkan peristiwa tersebut dan mampu menggugah perasaan orang yang menikmati kawasan. Pengunjung tidak hanya sebatas menikmati, tetapi turut menambah pengetahuan yang akan diaplikasikan secara nyata untuk mengurangi dampak dari bencana alam susulan.

Keywords : Museum, Bencana Alam, Monumental

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Museum, Natural Disaster, Monumental
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:47
Last Modified: 22 Aug 2022 02:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18152

Actions (login required)

View Item
View Item