KEKUATAN IDENTITAS PEREMPUAN PADA PEMILIHAN KEPALA DESA DI KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG


Asrunil B, Asrunil B (2021) KEKUATAN IDENTITAS PEREMPUAN PADA PEMILIHAN KEPALA DESA DI KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
E11115005_skripsi cover1.jpg

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
E11115005_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
E11115005_skripsi dapus.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of full taxt] Text (full taxt)
E11115005_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana wujud keterpilihan perempuan dalam pemilihan Kepala Desa Watu Toa dan Desa Bara’e di Kecamatan Marioriwawo tahun 2018. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana kekuatan identitas perempuan pada pemilihan kepala desa Watu Toa dan Bara’e di Kecamatan Marioriwawo di Kabupaten Soppeng.
Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan dalam melakukan analisis yakni konsep identitas dan konsep kekuatan politik. Penulis menggunakan konsep identitas politik untuk menempatkan identitas perempuan. Sementara konsep kekuatan politik digunakan untuk melihat sumber daya yang dimiliki oleh kepala desa terpilih. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara secara mendalam. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Watu Toa dan Desa Bara’e di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterpilihan Kepala Desa perempuan pada pemilihan Kepala Desa Watu Toa dan Desa Bara’e di Kecamatan Marioriwawo menunjukkan adanya kekuatan identitas perempuan yang digunakan oleh kandidat dalam mempengaruhi prilaku pemilih. Hal ini ditunjukkan melalui pencitraan diri sebagai perempuan dan kapabilitas ditonjolkan pada kedua Kepala Desa perempun tersebut, namun dalam hal ini kekuatan identitas perempuan tersebut tak dapat serta merta digunakan sebagai modal keterpilihan tanpa adanya kekuatan pendukung seperti latar belakang keluarga, kekuatan ekonomi, serta popularitas jabatan sebagai incumbent.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perempuan,Kekuatan politik, Kepala Desa, Pilkades
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:43
Last Modified: 22 Aug 2022 02:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18140

Actions (login required)

View Item
View Item