ARAHAN PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL BERDASARKAN TIPOLOGI PERUMAHAN GATED COMMUNITY DI KELURAHAN ANTANG = DIRECTION TO IMPROVE SOCIAL INTERACTION FOR RESIDENTS BASED ON HOUSING TYPOLOGY GATED COMMUNITY AT ANTANG SUB-DISTRICT


Ramadhani Jb, Amaliah Rizki (2021) ARAHAN PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL BERDASARKAN TIPOLOGI PERUMAHAN GATED COMMUNITY DI KELURAHAN ANTANG = DIRECTION TO IMPROVE SOCIAL INTERACTION FOR RESIDENTS BASED ON HOUSING TYPOLOGY GATED COMMUNITY AT ANTANG SUB-DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D52116501_skripsi cover1.jpg

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D52116501_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D52116501_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (743kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D52116501_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Hubungan sosial yang berkembang di masyarakat perkotaan semakin menurun dan bersifat individualis diakibatkan oleh banyak faktor seperti berkembangnya perumahan yang membatasi lingkungannya dengan permukiman sekitar. Hunian ini dinamakan konsep gated community atau komunitas berpagar, di dalam gated community terdapat fasilitas penunjang seperti sarana dan prasarana serta tembok pembatas sebagai keamanan. Selain itu, perbedaan yang jelas adalah tingkat pendapatan komunitasnya yang membedakan kelas tipologi perumahan, yaitu perumahan mewah, menengah dan sederhana. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi interaksi sosial di dalam perumahan berdasarkan karakteristik tipologi perumahan, menganalisis pengaruh interaksi sosial di tipologi perumahan dan menyusun arahan untuk peningkatan interaksi sosial. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, studi literatur, dan kunjungan instansi. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana dengan SPSS 25, Importance Performance Analysis (IPA), dan Analisis Skoring. Hasil penelitian menjelaskan bahwa hubungan interaksi sosial di perumahan mewah kategori cukup baik, menengah kategori baik sedangkan sederhana kategori sangat baik. Pengaruh interaksi sosial pada tipologi perumahan dipengaruhi oleh kenyamanan fasilitas dan tipe penghuni. Hasil penelitian menggunakan IPA diketahui bahwa kegiatan yang membentuk hubungan interaksi sosial di ketiga perumahan belum berkualitas karena masih berada dibawah 100%. Maka dari itu arahan yang ditingkatkan yaitu penataan lingkungan perumahan berupa kelengkapan fasilitas agar mampu meningkatkan kepekaan sosial antar penghuni.

Keywords : Arahan peningkatan, Interaksi sosial, Tipologi perumahan, Makassar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: arahan peningkatan, interaksi sosial, tipologi perumahan, Makassar
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah Kota
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:38
Last Modified: 18 Aug 2022 07:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18121

Actions (login required)

View Item
View Item