Arahan Pengembangan Kawasan Pendidikan Tinggi yang Cerdas dan Berkelanjutan di Kampus Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin dan Sekitarnya = DIRECTION FOR DEVELOPING SMART AND SUSTAINABLE HIGHER EDUCATION AREA IN HASANUDDIN UNIVERSITY FACULTY OF ENGINEERING, CAMPUS GOWA AND ITS SURROUNDING


Ramadhan, Mujaddid Rizqy (2021) Arahan Pengembangan Kawasan Pendidikan Tinggi yang Cerdas dan Berkelanjutan di Kampus Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin dan Sekitarnya = DIRECTION FOR DEVELOPING SMART AND SUSTAINABLE HIGHER EDUCATION AREA IN HASANUDDIN UNIVERSITY FACULTY OF ENGINEERING, CAMPUS GOWA AND ITS SURROUNDING. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D52116310_skripsi_cover1.jpg

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D52116310_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D52116310_skripsi_dp.pdf

Download (804kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D52116310_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract (Abstrak)

Perkembangan kawasan perkotaan khususnya pada Kawasan Kampus Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin dan sekitarnya dapat berdampak pada kondisi tata ruang yang kurang baik apabila tidak diperhatikan sejak dini, namun juga dapat menjadi potensi dalam penerapan konsep cerdas dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan arahan pengembangan kawasan yang cerdas dan berkelanjutan secara bertahap dengan mendahulukan empat kriteria cerdas dan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan cara observasi lapangan dan wawancara serta data sekunder dengan studi literatur dan observasi pada instansi terkait. Teknik analisis yang digunakan dibedakan menjadi dua yakni analisis non spasial seperti analisis literatur, analisis hierarki prioritas dan SWOT dengan expert choice, serta analisis kuantitatif kualittif, serta analisis spasial berupa overlay. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, kriteria prioritas yang dapat lebih dahulu diterapkan adalah kriteria ekonomi cerdas, masyarakat cerdas, penataan area hijau dan edukasi berkelanjutan berdasarkan konsep kawasan cerdas dan berkelanjutan. Kedua, kawasan penelitian yang dinilai melalui indikator di tiap kriteria berada pada kategori cukup selaras secara keseluruhan, sehingga diperlukan pengembangan lebih lanjut. Terkahir, arahan pengembangan yang sarankan berupa penentuan lokasi kawasan perekonomian yang strategis, pemanfaatan ketersediaan lahan RTH sebagai pengembangan fungsi vegetasi, penentuan lokasi strategis ruang publik sebagai wadah sosialisasi dan edukasi antara pihak kampus, pemerintah, dan masyarakat, serta penggunaan sistem teknologi hijau terhadap pelaksanaan program kriteria kawasan cerdas dan berkelanjutan.

Keywords : Kriteria, Kawasan Kampus, Cerdas, Berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kriteria, Kawasan Kampus, Cerdas, Berkelanjutan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah Kota
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:37
Last Modified: 18 Aug 2022 07:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18120

Actions (login required)

View Item
View Item