PETROGRAFI DAN GEOKIMIA MINERAL GIPSUM PADA BATUAN SEDIMEN FORMASI WALANAE DI CEKUNGAN SENGKANG KABUPATEN WAJO PROVINSI SULAWESI SELATAN


Nawir, Indra (2021) PETROGRAFI DAN GEOKIMIA MINERAL GIPSUM PADA BATUAN SEDIMEN FORMASI WALANAE DI CEKUNGAN SENGKANG KABUPATEN WAJO PROVINSI SULAWESI SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D61115009_skripsi_Cover1.jpg

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D61115009_skripsi_Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D61115009_skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D61115009_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract (Abstrak)

Secara Administratif daerah penelitian termasuk dalam Daerah Sengkang Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan. Secara astronomis terletak pada koordinat 120°0’14,4” BT – 120°4’48” BT dan 04°4’33.6” LS – 04°11’31.2” LS. Adapun tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui bentuk morfologi kristal vein mineral gipsum, mengetahui jenis vein mineral gipsum serta mengetahui geokimia dari mineral gipsum pada Formasi Walanae di Cekungan Sengkang. Metode yang digunakan dalam penelitian melakukan observasi lapangan untuk pengambilan data, pengambil conto batuan dan mineral gipsum serta analisis laboratorium pengamatan petrografi dan geokimia meliputi XRF (X-Ray Flouroscence) dan XRD (X-Ray Difraction). Selanjutnya pengolahan data dan analisis data lapangan yang telah ada. Berdasarkan dari analisis laboratoium pengamatan petrografi jenis vein gipsum pada lokasi penelitian yang diperoleh yaitu adanya syntaxial vein dengan bentuk kristal elongate blocky yang memanjang dan sebagian besar berupa jenis antitaxial vein dengan bentuk kristal fibrous berserat dan memiliki adanya zona median. Hasil dari geokimia XRF bahwa mineral gipsum pada lokasi penelitian dapat disimpulkan bahwa semua sampel merupakan mineral gipsum murni yang memiliki komposisi kimia SO3 >46%. Pada proses pembentukan vein gipsum juga dipengaruhi oleh kandungan unsur-unsur pada hostrock yang jika menunjukkan adanya kandungan SO3 dan CaO dimana kedua unsur ini adalah unsur pembentuk dari mineral gipsum, adapun hasil analisis XRF pada hostrock kandungan dari SO3 dan CaO sangat minim yang menunjukkan bahwa pengaruh kandungan unsur dari hostrock pada pembentukan vein gipsum sangat sedikit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Morfologi gipsum, Analisis Geokimia , Hostrock
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Geologi
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 16 Aug 2022 07:57
Last Modified: 16 Aug 2022 07:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18077

Actions (login required)

View Item
View Item