EVALUASI EPIFIT DAN MATERIAL YANG MENEMPEL PADA Gracilaria changii DI PERAIRAN MACCINI BAJI, KABUPATEN TAKALAR = EVALUATION OF EPIFITES AND MATERIALS ATTACHED TO Gracilaria changii IN MACCINI BAJI WATERS, TAKALAR DISTRICT


Nur, Riswandi (2022) EVALUASI EPIFIT DAN MATERIAL YANG MENEMPEL PADA Gracilaria changii DI PERAIRAN MACCINI BAJI, KABUPATEN TAKALAR = EVALUATION OF EPIFITES AND MATERIALS ATTACHED TO Gracilaria changii IN MACCINI BAJI WATERS, TAKALAR DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L031171318_skripsi_06-07-2022 cover1.png

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L031171318_skripsi_06-07-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L031171318_skripsi_06-07-2022 dp.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L031171318_skripsi_06-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Gracilaria changii merupakan salah satu jenis rumput laut yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi, namun di dalam proses budidayanya kerap kali ditemukan masalah yang dapat menghambat proses budidayanya. Salah satu hal yang seringkali menghambat proses budidaya G. changii ini adalah karena adanya epifit dan material yang menempel. Epifit adalah tumbuhan yang menempel pada tumbuhan lain. Penelitian ini bertujuan Untuk mengevaluasi epifit dan material yang menempel pada G. changii di perairan Maccini Baji, kabupaten Takalar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2021. Pemeliharaan rumput laut dilakukan di perairan dusun Maccini Baji, kabupaten Takalar dengan waktu pemeliharaan adalah 49 hari. pengambilan sampel dilakukan satu kali setiap pekan, parameter yang diamati pada penelitian ini adalah identifikasi epifit dan material yang menempel, perhitungan bobot persentase epifit dan material yang menempel dan parameter kualitas air. Data hasil penelitian kemudian dianalisis secara deskriptif, yang kemudian disajikan dalam bentuk gambar dan tabel. Analisa secara kuantitatif dilakukan dengan menimbang berat setelah dibersihkan dan sebelum dibersihkan kemudian selisih berat tersebut dihitung. Data yang didapatkan dianalisa sidik ragam dan jika ada perbedaan antara lokasi, maka dilanjutkan dengan uji beda nyata terkecil. Jenis epifit yang diperoleh pada penelitian ini adalah, Ulva compressa, Cladophora Dalmatica, Chaetomorpha crassa, Chaetomorpha linum dan Acanthophora spicifera. Material lain yang menempel pada lokasi penelitian antara lain adalah udang, kerang, kepiting, baronang dan lumpur namun yang paling mendominasi adalah lumpur. Persentase penempelan epifit terbesar pada G. changii terjadi pada lokasi 3 di pekan pertama yaitu sebesar 43,57% sedangkan untuk persentase penempelan terkecil terjadi pada lokasi 1 pada pekan 6 yaitu sebesar 4,20%. Kesimpulan dari penelitian ini ada tiga yaitu, yang pertama Bobot Epifit dan partikel yang menempel yang ditemukan didominasi oleh bahan-bahan anorganik yaitu lumpur. Kedua, Jenis epfit yang ditemukan adalah Ulva compressa, Cladophora dalmatica, Chaetomorpha crassa, Chaetomorpha linum., Acanthophora spicifera. Ketiga Lingkungan yang tidak sesuai dengan kebutuhan rumput laut dapat meningkatkan persentase penempelan epifit dan material penempel lainnya.

Keywords : Epifit, Gracilaria changii, Rumput laut, Lingkungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:21
Last Modified: 16 Aug 2022 02:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18025

Actions (login required)

View Item
View Item