KOLAGEN KULIT IKAN BARAKUDA (Sphyraena jello) SEBAGAI BAHAN AKTIF SEDIAAN GEL MASKER PEEL OFF = BARRACUDA (Sphyraena jello) SKIN COLLAGEN AS AN ACTIVE INGREDIENT FOR PEEL OFF MASK GEL


Harianti, Harianti (2022) KOLAGEN KULIT IKAN BARAKUDA (Sphyraena jello) SEBAGAI BAHAN AKTIF SEDIAAN GEL MASKER PEEL OFF = BARRACUDA (Sphyraena jello) SKIN COLLAGEN AS AN ACTIVE INGREDIENT FOR PEEL OFF MASK GEL. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L013181001_disertasi_22-07-2022 cover1.png

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L013181001_disertasi_22-07-2022 1-2.pdf

Download (778kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L013181001_disertasi_22-07-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L013181001_disertasi_22-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

RINGKASAN

Harianti. L013 18 1 001. “Kolagen Kulit Ikan Barakuda (Sphyraena jello) sebagai Bahan Aktif Masker Peel Off” dibimbing oleh Metusalach sebagai Pembimbing Utama dan Marianti A.Manggau sebagai Anggota Pembimbing I, Latifah Rahman sebagai Anggota Pembimbing II.
Kolagen adalah salah jenis protein berbentuk serabut atau fibril yang diperoleh dari kulit, tulang dan organ hewan. Kolagen merupakan jaringan fiber yang kuat namun lentur yang menjadikannya memiliki banyak kegunaan. Saat ini, kolagen telah banyak digunakan dalam kosmetik sebagai bahan aktif untuk meningkatkan kelembaban kulit, mencegah keriput dan menjaga elastisitas kulit. Secara komersial, umumnya kolagen diperoleh dari hasil ekstraksi kulit dan tulang sapi atau babi, namun kolagen dapat pula diekstraksi dari kulit, tulang, sisik, dan organ dalam ikan. Salah satu jenis ikan yang potensil sebagai sumber kolagen adalah ikan barakuda (Sphyraena jello). Telah banyak penelitian mengenai kandungan kolagen pada ikan, namun sangat sedikit yang melakukan penelitian kandungan kolagen pada ikan barakuda dan pengaplikasiannya sebagai bahan aktif sediaan gel masker peel off. Penelitian ini bertujuan untuk untuk membuat sediaan gel masker peel off kolagen kulit ikan barakuda dan menganalisis karakteristik kimia kulit ikan barakuda sebagai sumber kolagen, mengesktrak kolagen, menganalisis karakteristik fisik dan kimia kolagen kulit ikan barakuda sebagai bahan aktif sediaan gel masker peel off, kemudian memformulasi dan mengevaluasi karakteristik fisik sediaan gel masker peel off, dan mengevaluasi tingkat iritasinya pada kulit sukarelawan. Sediaan gel masker peel off menggunakan bahan aktif kolagen kulit ikan barakuda dengan konsentrasi 0,3% (F1); 0,6% (F2); 0,9 (F3); 1,2% (F4); 1,5% (F5); 1,8% (F6) dan tanpa kolagen (F0) sebagai kontrol. Ikan barakuda yang digunakan pada penelitian ini diambil dalam keadaan masih segar dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Maccini Baji, Kelurahan Pundata Baji, Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik kimia kulit ikan barakuda memenuhi persyaratan sebagai bahan baku untuk memproduksi kolagen. Kolagen kulit ikan barakuda memiliki karakteristik fisik dan kimia yang memenuhi syarat sebagai bahan aktif kosmetik. Secara organoleptik sediaan gel masker peel off memiliki konsistensi kental, tidak berbau, teksturnya lembut dan berwarna kuning agak kecoklatan lebih muda, tidak berwarna (bening) untuk formula untuk formula tanpa kolagen kulit ikan barakuda. Semua sediaan memiliki homogenitas dan karakteristik yang baik. Gel masker peel off tidak menimbulkan iritasi pada kulit sukarelawan sehingga sediaan gel masker peel off kolagen kulit ikan barakuda aman untuk digunakan sebagai sediaan topikal.

Keywords : Bahan aktif, kolagen kulit ikan, karakteristik fisiko-kimia, gel masker peel off, evaluasi fisik, uji iritasi kulit

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Perikanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:10
Last Modified: 16 Aug 2022 02:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18016

Actions (login required)

View Item
View Item