ANALISIS PRODUKTIVITAS DAN KINERJA LINGKUNGAN RUMAH POTONG AYAM DENGAN PENDEKATAN GREEN PRODUCTIVITY (Studi kasus RPA Madani) = PRODUCTIVITY AND ENVIRONMENTAL PERFORMANCE ANALYSIS OF CHICKEN SLAUGHTERHOUSE WITH GREEN PRODUCTIVITY


Wulandari, Putri Dwi (2021) ANALISIS PRODUKTIVITAS DAN KINERJA LINGKUNGAN RUMAH POTONG AYAM DENGAN PENDEKATAN GREEN PRODUCTIVITY (Studi kasus RPA Madani) = PRODUCTIVITY AND ENVIRONMENTAL PERFORMANCE ANALYSIS OF CHICKEN SLAUGHTERHOUSE WITH GREEN PRODUCTIVITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D071171513_skripsi_cover1.jpg

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D071171513_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D071171513_skripsi_datra pustaka.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D071171513_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Meningkatnya permintaan masyarakat terhadap sejumlah produk mendorong tumbuhnya berbagai kegiatan industri yang dapat memenuhi kebutuhan.Salah satunya yaitu industri pemotongan ayam agar meningkatkan produktivitasnya. Sejalan dengan peningkatan produksi, industri RPA ini menghasilkan dampak negatif terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa nilai GPI terhadap tingkat produktivitas dan indeks kinerja lingkungan untuk menentukan alternatif solusi perbaikan yang tepat dengan implementasi green productivity.
Penentuan strategi peningkatan produktivitas dihasilkan dari tiga tahap analisis. Tahap pertama, analisa dan identifikasi masalah. Tahap kedua, pengukuran Green Productivity Index (GPI) kondisi awal. Tahap ketiga, penyusunan serta penentuan alternatif solusi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa pada pengukuran produktivitas diperoleh total produktivitas yaitu 58,12% Kondisi awal RPA diperoleh Nilai GPI 0,07 dengan nilai indikator ekonomi 1,04 dan nilai indikator lingkungan 13,27. Karena dampak terhadap lingkungan lebih besar daripada tingkat produktivitas perusahaan, terdapat dua alternatif solusi yang diberikan kepada RPA Madani yaitu pembuatan pupuk organik cair dengan nilai GPI 5,6 dengan nilai indikator ekonomi 1,12 dan nilai indikator lingkungan 0,2. Alternatif kedua pembuatan tepung bulu ayam sebagai bahan alternatif pakan ternak dengan nilai GPI yaitu 0,09, nilai indikator ekonomi 1,13 dan nilai indikator lingkungan 12,35. Dari kedua alternatif solusi yang diberikan dengan melihat nilai GPI, modal yang dikeluarkan, dan pendapatan yang diperoleh maka alternatif solusi yang dipilih yaitu alternatif pertama (pembuatan pupuk cair)

Keywords : Dampak Lingkungan, Indikator Ekonomi, Green Productivity Index, Green Value Stream Mapping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:04
Last Modified: 16 Aug 2022 02:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18006

Actions (login required)

View Item
View Item