ANALISIS OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) PADA MESIN COAL FEEDER UNTUK MEMINIMALISI SIX BIG LOSSES (Studi Kasus: PT. Indonesia Power UJP PLTU Barru) = ANALYSIS OF OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) ON COAL FEEDER MACHINE TO MINIMIZE SIX BIG LOSSES (Case Study: PT. Indonesia Power UJP PLTU Barru)


Akmal, Muhammad (2021) ANALISIS OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) PADA MESIN COAL FEEDER UNTUK MEMINIMALISI SIX BIG LOSSES (Studi Kasus: PT. Indonesia Power UJP PLTU Barru) = ANALYSIS OF OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) ON COAL FEEDER MACHINE TO MINIMIZE SIX BIG LOSSES (Case Study: PT. Indonesia Power UJP PLTU Barru). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D071171007_skripsi_cover1.jpg

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D071171007_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D071171007_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D071171007_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)

Abstract (Abstrak)

Perusahaan membutuhkan sistem manajemen pemeliharaan yang baik untuk dapat mempertahankan mutu dan meningkatkan produktivitas, salah satu faktor penting yang harus diperhatikan adalah masalah perawatan mesin (maintenance) dan fasilitas produksi, karena itu dibutuhkan sistem perawatan yang paling baik untuk dapat meminimasi jumlah breakdown mesin dan biaya perbaikan atau perawatan mesin yang dikeluarkan. PT Indonesia Power UJP PLTU Barru, merupakan perusahaan jasa pembangkit listrik yang bergerak dalam bidang operasi dan pemeliharaan, yang tidak terlepas dari masalah yang berkaitan dengan efektifitas mesin atau peralatan yang digunakan yang diakibatkan oleh enam kerugian besar (six big losses).
Penelitian ini dilakukan untuk mengukur nilai tingkat efektifitas serta menganalisa faktor penyebab rendahnya efektfitas dari mesin Coal Feeder. Tujuannya ialah menciptakan desain perbaikan pada sektor pemeliharaan untuk meminimalisi terjadinya six big losses. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Overall Equipment Effectiveness (OEE) yang berfokus mengukur tingkat efektfitas peralatan agar dapat mencegah terjadinya kerugian berupa hilangnya waktu produksi akibat breakdown pada mesin.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh rata-rata nilai overall equipment effectiveness pada mesin Coal Feeder sepanjang tahun 2020 sebesar 86.72%. Diketahui faktor utama penyebab yang mempengaruhi nilai OEE pada mesin ialah faktor reduce speed losses sebesar 6,63%, equipment failure sebesar 4,28%, dan idle & minor stoppages sebesar 3,50%. Sehingga ke-tiga losses tersebut yang menjadi prioritas untuk diperbaiki.

Kata Kunci : Overall Equipment Effectiveness, Six Big Losses, Efektivitas Mesin

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:47
Last Modified: 15 Aug 2022 03:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17998

Actions (login required)

View Item
View Item