ANALISIS KARAKTERISASI LERENG BATUAN DAN KEMANTAPAN LERENG MENGGUNAKAN METODE SLOPE MASS RATING DAN LIMIT EQUILIBRIUM DI LERENG SIDEWALL UTARA (Studi Kasus Longsoran Pit Merandai, PT Cipta Kridatama Site BBE, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur) = ROCK SLOPE CHARACTERIZATION AND SLOPE STABILITY ANALYSIS USING SLOPE MASS RATING AND EQUILIBRIUM LIMIT METHODS ON THE NORTH SIDEWALL SLOPES (Case Study of Pit Merandai Landslide, PT Cipta Kridatama BBE site, Kutai Kartanegara Regency, East Kalimantan Province)


Abdillah, Fauzan Umarah (2020) ANALISIS KARAKTERISASI LERENG BATUAN DAN KEMANTAPAN LERENG MENGGUNAKAN METODE SLOPE MASS RATING DAN LIMIT EQUILIBRIUM DI LERENG SIDEWALL UTARA (Studi Kasus Longsoran Pit Merandai, PT Cipta Kridatama Site BBE, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur) = ROCK SLOPE CHARACTERIZATION AND SLOPE STABILITY ANALYSIS USING SLOPE MASS RATING AND EQUILIBRIUM LIMIT METHODS ON THE NORTH SIDEWALL SLOPES (Case Study of Pit Merandai Landslide, PT Cipta Kridatama BBE site, Kutai Kartanegara Regency, East Kalimantan Province). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D62116505_skripsi_cover1.jpg

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D62116505_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D62116505_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D62116505_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

PT Cipta Kridatama merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa pertambangan di Provinsi Kalimantan Timur yang melakukan aktivitas penambangan lapisan tanah penutup batubara pada area IUPOP (Izin Usaha Penambangan Operasi Produksi) milik PT Bukit Baiduri Energi (BBE). Salah satu lereng pada Pit Merandai PT Cipta Kridatama Site BBE yaitu lereng Sidewall Utara memiliki potensi kelongsoran tinggi, yang disebabkan oleh loose material yang ditempatkan di atas lereng, dan juga getaran oleh aktivitas penambangan yang menimbulkan banyaknya bidang diskontinuitas yang terbentuk pada lereng. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemantapan lereng, dan potensi arah serta tipe kelongsoran yang dapat terjadi pada lereng Sidewall Utara elevasi -10 mdbpl dan 0 m. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Slope Mass Rating (SMR), Limit Equilibrium, dan Kinematika. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai SMR pada elevasi -10 mdbpl yaitu SMR = 53 (kelompok 3, partially stable), memiliki nilai faktor keamanan FK = 2,919 dengan potensi terjadinya longsoran bidang pada arah N186°E, sedangkan untuk elevasi 0 m yaitu SMR = 58 (kelompok 3, partially stable), memiliki nilai faktor keamanan FK = 2,705 dengan potensi terjadinya longsoran bidang pada arah N182°E. Disimpulkan bahwa lereng Sidewall Utara elevasi -10 mdbpl dan 0 m adalah stabil.

Kata Kunci: Kestabilan lereng, lereng, Slope Mass Rating (SMR), Limit Equilibrium, faktor keamanan, lereng Sidewall Utara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:41
Last Modified: 15 Aug 2022 03:41
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17991

Actions (login required)

View Item
View Item