Dampak Wisata Pantai Laguna Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Desa Pao-Pao Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru Sulawesi Selatan = The Impact of Laguna Beach Tourism on Social Changes for the Pao-Pao Village Community, Tanete Rilau District, Barru Regency, South Sulawesi


Wahab, Ayu Dwi Saputri (2022) Dampak Wisata Pantai Laguna Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Desa Pao-Pao Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru Sulawesi Selatan = The Impact of Laguna Beach Tourism on Social Changes for the Pao-Pao Village Community, Tanete Rilau District, Barru Regency, South Sulawesi. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L041181009_skripsi_01-07-2022 cover1.png

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L041181009_skripsi_01-07-2022 1-2.pdf

Download (853kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L041181009_skripsi_01-07-2022 dp.pdf

Download (802kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L041181009_skripsi_01-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dan pengelolaan destinasi wisata pantai Laguna dan menguraikan dampak sosial ekonomi wisata pantai Laguna terhadap perubahan sosial masyarakat Desa Pao-Pao, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2022. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purvosive sampling dengan kriteria sebagai berikut, informan dan seluruih masyarakat yang dianggap mengetahui informasi dan masalah secara mendalam dan dapat dipercaya sebagai sumber data yang valid dan bersedia di wawancarai. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder yang kemudian di diolah menggunakan analisis pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan wawancara yang telah dilakukan. Wisata pantai Laguna dibuka menjadi destinasi wisata pada tahun 2016, namun banyak diketahui oleh wisatawan pada tahun 2017, sebelum menjadi tempat wisata yang menarik awalnya tempat tersebut hanya ada bangunan rumah warga sekitar dan empang/ tambak. Seiring perkembangan wisata pantai Laguna telah dilengkapi banyak sarana dan prasarana yang menunjang aktivitas wisata pengunjung selain itu banyak masyarakat yang memanfaatkan tempat wisata untuk membuka usaha. Wisata pantai Laguna dikelola oleh masyarakat sekitar untuk menjaga kebersihan, keindahan dan keamanan wisata pantai Laguna. Di wisata pantai Laguna ada dampak sosial ekonomi yang mempengaruhi keberlangsungan hidup masyarakat yang dirasakan oleh pengelola, pedagang/pelaku usaha dna masyarakat setempat, dimana dampak sosial di wisata pantai Laguna masyarakat mengalami perubahan pola pemikiran masyarakat dalam menanggapi pendidikan dan perkembangan zaman sehingga interaksi sosial ikut berkembang seiring berjalannya waktu namun tetap bisa di awasi dan diatasi apabila bersifat negatif serta dampak ekonomi yang terjadi masyarakat dapat membuka usaha/ menjual-menjual sehingga dapat meningkatkan pendapatannya. Dalam meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat dapat dilakukan dengan pengembangan wisata pantai Laguna dengan dukungan sarana dan prasarana yang baik, kebersihan dan kemanaan serta dampak sosial ekonomi yang memberikan perubahan sosial masyarakat baik itu kehidupan yang layak, dan rukun walaupun perubahannya membutuhkan jangka watu yang cukup lama.

Keywords : Wisata Pantai, Dampak, Perubahan Sosial, Kesejahteraan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Sosek Perikanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:09
Last Modified: 15 Aug 2022 02:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17940

Actions (login required)

View Item
View Item