IMPLEMNTASI KEBIJAKAN PROGRAM PENDIDIKAN MELALUI DANA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. PELABUHAN INDONESIA IV (PERSERO) PADA ALOKASI BANTUAN PENDIDIKAN DASAR SEMBILAN TAHUN KOTA MAKASSAR = THE IMPLEMENTATION OF EDUCATION AND PROGRAM POLCY OF PT. PELABUHAN INDONESIA IV (PERSERO) ON THE ALLOCATION OF NINE-YEAR BASIC EDUCATION ASSISTANCE OF MAKASSAR OF MAKASSAR CITY


Arni, Arni (2020) IMPLEMNTASI KEBIJAKAN PROGRAM PENDIDIKAN MELALUI DANA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. PELABUHAN INDONESIA IV (PERSERO) PADA ALOKASI BANTUAN PENDIDIKAN DASAR SEMBILAN TAHUN KOTA MAKASSAR = THE IMPLEMENTATION OF EDUCATION AND PROGRAM POLCY OF PT. PELABUHAN INDONESIA IV (PERSERO) ON THE ALLOCATION OF NINE-YEAR BASIC EDUCATION ASSISTANCE OF MAKASSAR OF MAKASSAR CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E012182002_tesis_cover1.jpg

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E012182002_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E012182002_tesis_daftar pustaka.pdf

Download (403kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E012182002_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Arni. E012182002. Implementasi Kebijakan Program Pendidikan Melalui Dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Pada Alokasi Bantuan Pendidikan Dasar Sembilan Tahun kota Makassar (Dibimbing oleh. Muh. Akmal Ibrahim, dan St. Halwatiah).

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengentahui implementasi kebijakan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) pada bantuan pendidikan dasar Sembilan tahun kota Makassar, 2) mengetahui Hasil Implementasi program pendidikan melalui dana corporate social responsibility (CSR) PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Kota Makassar pada bantuan Pendidikan Dasar Sembilan tahun Kota Makassar. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Tehnik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) pada bantuan pendidikan dasar Sembilan tahun kota Makassar sudah tepat sasaran di lapangan dan sudah efektif, hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek yang telah ditentukan pertama, isi kebijakan yang terdiri atas (a) kepentingan yang terpengaruhi PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang kota Makassar sebagai pihak pelaksana memiliki kepentingan dalam meningkatkan citra perusahaan, (b) jenis manfaat yang akan dihasilkan Perusahaan harus menjadikan sekolah sebagai partner, (c) perubahan yang diinginkan sebagai penyalur bantuan yang mampu memberikan hasil positif; (d) kedudukan pembuat kebijakan perusahaan belum dapat dilaksanakan secara optimal; (e) siapa pelaksana kebijakan perusahaan itu sendiri, (f) sumber daya yang dihasilkan sudah sepenuhnya menunjang dan kedua, lingkungan implementasi dapat dilihat dari aspek (a) kekuasaan, kepentingan dan strategi aktor yang terlibat bahwa masing-masing actor menjalankan tugas yang di berikan baik dari pihak sekolah; (b) karakteristik lembaga dan penguasa menjalankan berbagai program atau kegiatan dengan baik (c) keputusan dan daya tangkap Implementor program harus fokus terhadap pencapaian tugas dan mengesampingkan berbagai faktor internal atau kepentingan pribadinya.

Keywords : Implementasi Kebijkan, Program pendidikan, Corporate Social Responsibility (CSR)

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:06
Last Modified: 15 Aug 2022 02:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17933

Actions (login required)

View Item
View Item