Peran Badan Usaha Milik Desa (bumDes) Khaymoto dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Topoyo = The Role of Khaymoto's Village Owned Enterprises (bumDes) in Improving the Economy of Topoyo Villagers


Bahri, Yusrisal (2021) Peran Badan Usaha Milik Desa (bumDes) Khaymoto dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Topoyo = The Role of Khaymoto's Village Owned Enterprises (bumDes) in Improving the Economy of Topoyo Villagers. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E12116511_skripsi_cover1.jpg

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E12116511_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (915kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E12116511_skripsi_dp.pdf

Download (614kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E12116511_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Yusrisal Bahri (E12116701) “Peran Bumdes Khaymoto dalam meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Topoyo” di bawah bimbingan Prof Dr. H. Juanda Nawawi M.SI(Pembimbing 1) dan Rahmatullah S.Ip, M.Si. (Pembimbing 2)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Bumdes Khaymoto dalam menjalankan usaha dibidang ekonomi didesa Topoyo dan mengetahui apa faktor pendukung dan faktor penghambat pengelolaan bumdes khaymoto dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa Topoyo .
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu memberikan gambaran serta penjelasan mengenai pengelolaan bumdes khaymoto dalam menjalankan perannya sebagai lembaga ekonomi desa yang bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat desa Topoyo dan juga faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan bumdes khaymoto desa Topoyo. . Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam memperoleh data terkait tema penelitian yaitu dengan cara wawancara, observasi serta beberapa literatur yang terkait dengan tema yang diangkat dalam penelitian ini. Kemudian data yang telah diperoleh direduksi dan dipilih data yang sesuai dengan masalah penelitian.
Hasil dan kesimpulan penelitian ini adalah bumdes khaymoto dalam pengelolaannya memanfaatkan potensi desa Topoyo sebagai desa dengan tingkat keramaian dikabupaten mamuju tengah membentuk unit-unit usaha yang sesuai dengan kondisi geografis dan demografi desa Topoyo namun dalam realisasi unit-unit usaha tersebut belum berjalan dengan baik dengan tidak berjalannya unit-unit usaha yang direncanakan sehingga tujuan peningkatan ekonomi masyarakat masih belum maksimal. Pengelolaan bumdes khaymoto tidak terlepas dari faktor pendukung pengembangan bumdes khaymoto yaitu partisipasi masyarakat desa Topoyo, dukungan dari instansi pemerintah daerah dalam hal ini dinas pariwisata kabupaten mamuju tengah, dan monitoring dan evaluasi yang dilakukan dinas pemberdayaan masyarakat desa kabupaten mamauju tengah. disamping itu pengelolaan Bumdes Khaymoto belum dapat dikelola secara maksimal karna terdapat faktor penghambat yaitu masalah sumber daya manusia serta keterbatasan modal yang menjadi penghambat dalam pengembangan unit-unit usaha bumdes khyamoto.

Keywords : Peran, Perekonomian Masyarakat, Bumdes

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:05
Last Modified: 15 Aug 2022 02:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17932

Actions (login required)

View Item
View Item