Analisis Risiko pada Pekerjaan Bangunan Baru menggunakan Teknik Matriks Konsekuensi dan Probabilitas


Rahmat, Nabila Ainun Nur (2021) Analisis Risiko pada Pekerjaan Bangunan Baru menggunakan Teknik Matriks Konsekuensi dan Probabilitas. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
D081171317_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
D081171317_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D081171317_skripsi_cover1.jpg

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D081171317_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Nabila Ainun Nur Rahmat, Analisis Risiko pada Pekerjaan Bangunan Baru menggunakan Teknik Matriks Konsekuensi dan Probabilitas. (Dibimbing oleh Wahyuddin, ST., MT. dan Habibi, ST., MT.)

Pembangunan kapal di galangan tidak lepas dari risiko-risiko tidak pasti yang dapat terjadi, sehingga perlu dilakukan analisis manajemen risiko untuk meminimalisir dan melakukan tindakan agar risiko bisa dihindari dan diatasi. Analisis risiko dapat dilakukan menggunakan salah satu teknik manajemen risiko pada SNI IEC/ISO 31010:2016 yaitu matriks konsekuensi dan probabilitas, dengan cara menggabungkan penilaian konsekuensi dan probabilitas untuk menghasilkan tingkatan risiko. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bahaya pada pekerjaan bangunan baru serta menentukan besaran tingkat konsekuensi dan probabilitas suatu risiko yang timbul dengan menggunakan teknik matriks konsekuensi dan probabilitas dan menentukan perlakuan atau mitigasi risiko yang tepat. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ragam bahaya dan kategori tingkatan risiko menggunakan teknik matriks konsekuensi dan probabilitas, serta menjadi referensi dalam perlakuan atau mitigasi risiko kecelakaan kerja pada pekerjaan bangunan baru di galangan kapal.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi atau pengamatan langsung di lapangan dan melakukan wawancara mendalam. Teknik penarikan sampel dengan melakukan pengisian kuesioner terhadap 30 responden di PT. Industri Kapal Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 14 bahaya dari 3 rangkaian pekerjaan yaitu pada pekerjaan pemotongan pelat, pengelasan dan pengangkatan. Analisis risiko didapatkan dari modus atau nilai terbanyak pada penilaian probabilitas dengan modus atau nilai terbanyak pada penilaian konsekuensi berdasarkan jawaban responden. Skala risiko dari analisis risiko menunjukkan bahwa terdapat tingkat risiko sangat tinggi (prioritas I), risiko tinggi (prioritas II), risiko sedang tinggi (prioritas III), risiko rendah (prioritas IV) dan risiko sangat rendah (prioritas V) pada pekerjaan bangunan baru di PT. Industri Kapal Indonesia. Perlakuan atau mitigasi risiko yang dapat dilakukan yaitu memakai APD (Alat Pelindung Diri), maintenance perlengkapan maupun peralatan secara berkala, melengkapi rambu K3 di lapangan dan bekerja sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) yang berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen risiko, bangunan baru, matriks konsekuensi/probabilitas, perlakuan risiko.
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:03
Last Modified: 15 Aug 2022 02:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17927

Actions (login required)

View Item
View Item