Analisis Peran Pemerintah Daerah Dalam Pemberdayaan Masyarakat Nelayan di Kota makassar = Analysis of the Role of Local Government in Empowering Fishing Communities in Makassar City


Nirwansyah, Muh (2021) Analisis Peran Pemerintah Daerah Dalam Pemberdayaan Masyarakat Nelayan di Kota makassar = Analysis of the Role of Local Government in Empowering Fishing Communities in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E12114503_skripsi_cover1.jpg

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E12114503_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (597kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E12114503_skripsi_dp.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E12114503_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

INTISARI
Muh. Nirwansyah, Nomor Induk Mahasiswa E12114503, Departemen Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin menyusun Skripsi dengan judul Analisis Peran Pemerintah Daerah dalam Pemberdayaan Masyarakat Nelayan di Kota Makassar, di bawah bimbingan Dr. A.M. Rusli, M.Si sebagai pembimbing utama dan Bapak Dr. A. Lukman Irwan, S.IP. M,Si sebagai pembimbing pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Peran Pemerintah Daerah dalam Pemberdayaan Masyarakat Nelayan di Kota Makassar serta faktor-faktor yang mempengaruhinya, untuk mencapai tujuan tersebut, digunakanlah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan data secara deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan dengan cara observasi, wawancara, serta dokumen dan arsip dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Daerah Kota Makassar telah melakukan berbagai upaya dalam pemberdayaan nelayan dengan berdasar pada Undang Undang Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudidaya Ikan dan Petambak Garam dan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2015 Tentang Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Pembudidaya-Ikan Kecil, pemberdayaan masyarakat nelayan di Kota Makassar melalui program Pendidikan dan Pelatihan, Penyuluhan dan Pendampingan, Kemitraan Usaha, Kemudahan Akses Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Informasi dan Kelembagaan Nelayan namun belum optimal dilakukan oleh pemerintah daerah Kota Makassar sedangkan Faktor yang mempengaruhi yakni faktor pendukung dan penghambat. Faktor Pendukung yakni sumber daya manusia dan sarana dan prasarana sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya sosialisasi dan penganggaran di tahun 2020 Oleh pemerintah Kota Makassar.

Kata Kunci : Pemberdayaan, Masyarakat Nelayan, Kota Makassar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:40
Last Modified: 10 Aug 2022 03:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17923

Actions (login required)

View Item
View Item