IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENATAAN LEMBAGA ADAT DAN BUDAYA DAERAH DI KABUPATEN GOWA = IMPLEMENTATION OF POLICIES FOR STRUCTURING LOCAL TRADITIONAL AND CULTURAL INSTITUTIONS IN GOWA DISTRICK


Azis, Muh. Afdal (2021) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENATAAN LEMBAGA ADAT DAN BUDAYA DAERAH DI KABUPATEN GOWA = IMPLEMENTATION OF POLICIES FOR STRUCTURING LOCAL TRADITIONAL AND CULTURAL INSTITUTIONS IN GOWA DISTRICK. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E12114014_skripsi cover1.jpg

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E12114014_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E12114014_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E12114014_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Muh. Afdal Azis, Nomor Induk Mahasiswa E12114014, Departemen Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin menyusun Skripsi dengan judul Implementasi Kebijakan Penataan Lembaga Adat dan Budaya Daerah di Kabupaten Gowa, di bawah bimbingan Bapak Dr. Jayadi Nas, M.Si sebagai pembimbing I dan Bapak Rahmatullah,S.IP.M,Si sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Penataan Lembaga Adat dan Budaya Daerah di Kabupaten Gowa serta faktor penghambatnya, untuk mencapai tujuan tersebut, digunakanlah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan data secara deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan dengan cara observasi, wawancara, serta dokumen dan arsip dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi kebijakan dalam peraturan daerah Lembaga Adat Daerah di Kabupaten Gowa telah mengikuti prosedur imlementasi kebijakan perda yang ada. Namun melalui proses panjang sebelum perda ini di sahkan, ada beberapa pasal yang di ubah termasuk dari judul perda ini sendiri setelah diadakan evalusasi oleh beberapa pihak dianatarnya adalah mengenai angka 3 Bupati adalah Bupati Gowa sebagai ketua lembaga adat daerah yang menjala fungsi dan peran sombayya, selanjutnya dalam proses perjalanannya perda LAD ini menimbulkan konflik antar pemerintah daerah dan salah satu komunitas adat yang merupakan keturunan langsung dari raja Gowa yang menganggap perda ini tidak melalui sosialisasi kemasyarakat adat, sedangkan faktor yang mempengaruhi Implementasi Kebijakan Penataan Lembaga Adat dan Budaya Daerah di Kabupaten Gowa sedangkan faktor penghambatnya adalah Komunikasi yang kurang baik antara pemerintah daerah dengan keluarga kerajaan dan mempertahankan adat istiadat dan peninggalan sejarah

Keywords : Implementasi, Lembaga Adat, Kabupaten Gowa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:38
Last Modified: 10 Aug 2022 03:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17919

Actions (login required)

View Item
View Item