PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGELOLAAN TENAGA KERJA LOKAL DI KABUPATEN BARRU = THE ROLE OF LOCAL GOVERNMENTS IN MANAGING LOCAL LABORIN THE BARRU DISTRICT


Arisandi, Alif Rivai (2021) PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGELOLAAN TENAGA KERJA LOKAL DI KABUPATEN BARRU = THE ROLE OF LOCAL GOVERNMENTS IN MANAGING LOCAL LABORIN THE BARRU DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E12114012_skripsi_cover1.jpg

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E12114012_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (718kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E12114012_skripsi_dp.pdf

Download (924kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E12114012_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ALIF RIVAI ARISANDI, Nomor Induk Mahasiswa E121 14 012, Departemen Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, menyusun skripsi dengan jdul “PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGELOLAAN TENAGA KERJA LOKAL DI KABUPATEN BARRU” dibawah bimbingan Bapak Dr. H.A.M Rusli, M.Si selaku Pembimbing Utama dan Bapak Dr. A. Lukman Irwan, S.IP, M.Si selaku Pembimbing Pendamping.
Penelitian ini berlokasi di Kabupaten Barru dan bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pemerintah daerah dalam pemberdayaan serta peningkatan produktivitas bagi tenaga kerja lokal serta untuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi pembinaan dan peningkatan produktivitas dalam pengelolaan tenaga kerja lokal di Kabupaten Barru.
Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik analisis data kualitatif, yang memberikan gambaran secara jelas dan faktual mengenai peran pemerintah daerah dalam pengelolaan tenaga kerja lokal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Pemerintah Daerah dalam upaya pemberdayaan dan peningkatan produktivitas tenaga kerja lokal di Kabupaten Barru sudah cukup bagus dalam upayanya dengan adanya program-program yang telah dijalankan. Adapun faktor faktor yang mempengaruhi antara lain faktor pendukung dan faktor penghambat. Dimana faktor pendukungnya yaitu sumber daya manusia yang sudah terbilang cukup bagus dalam pengelolaannya serta sarana dan prasarana yang sudah tersedia namun tetap masih perlu ditingkatkan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu pendataan dan pelatihan tenaga kerja yang masih terbilang kurang maksimal serta pemetaan sumber daya manusianya yang masih belum tepat pada prospek kerja yang ditawarkan oleh pasar kerja.

Keywords : PERAN, PEMERINTAH DAERAH, PENGELOLAAN, TENAGA KERJA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:37
Last Modified: 10 Aug 2022 03:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17916

Actions (login required)

View Item
View Item