Peran Pemerintah Daerah Dalam Pengendalian Alih Fungsi Lahan Sawah Di Kawasan Perkotaan Sungguminasa, Kabupaten Gowa = The Role of Local Government in Controlling the Paddy Fields Conversion in Sungguminasa Urban Area, Gowa Regency


Hasbullah, Hasbullah (2021) Peran Pemerintah Daerah Dalam Pengendalian Alih Fungsi Lahan Sawah Di Kawasan Perkotaan Sungguminasa, Kabupaten Gowa = The Role of Local Government in Controlling the Paddy Fields Conversion in Sungguminasa Urban Area, Gowa Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E12114009_skripsi_cover1.jpg

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E12114009_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E12114009_skripsi_dp.pdf

Download (697kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E12114009_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Hasbullah, Nomor Induk Mahasiswa E121 14 009, Departemen Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin. Menyusun skripsi yang berjudul “Peran Pemerintah Daerah Dalam Pengendalian Alih Fungsi Lahan Sawah di Kawasan Perkotaan Sungguminasa, Kabupaten Gowa”, di bawah bimbingan Ibu Prof. Dr. Rabinah Yunus, M.Si sebagai Pembimbing Utama dan Bapak Rahmatullah,S.IP, M.Si sebagai Pembimbing Pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemerintah daerah dalam pembinaan dan pengawasan mengenai pengendalian alih fungsi lahan sawah di Kawasan Perkotaan Sungguminasa, Kabupaten Gowa. Serta, untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi pengendalian alih fungsi lahan sawah di Kawasan Perkotaan Sungguminasa, Kabupaten Gowa.
Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik analisis data kualitatif, yang memberikan gambaran secara jelas dan faktual mengenai peran pemerintah daerah dalam pengendalian alih fungsi lahan sawah.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa dalam pengendalian alih fungsi lahan sawah melalui pembinaan dengan bentuk sosialisasi dan pengawasan dengan bentuk pemantauan. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pengendalian alih fungsi lahan sawah di Kabupaten Gowa lingkup Kawasan Perkotaan Sungguminasa dipengaruhi oleh beberapa hal seperti belum adanya peraturan/penetapan zonasi (lokasi) lahan-lahan sawah yang dilindungi , pemberian insentif kepada petani yang masih belum maksimal, pengawasan dan mekanisme pemberian sanksi yang juga masih belum berjalan maksimal, dan tidak adanya partisipasi masyarakat khususnya petani dalam perencanaan pembangunan pertanian.

Keywords : Peran, Pemerintah Daerah, Pengendalian Alih Fungsi Lahan Sawah, Kawasan Perkotaan Sungguminasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:37
Last Modified: 10 Aug 2022 03:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17915

Actions (login required)

View Item
View Item