Peran pendamping desa dalam pemberdayaan masyarakat di kecamatan maritengngae kabupaten sidenreng rappang = The Role of Village Facilitators in Community Empowerment in Maritengngae Sub-district, Sidenreng Rappang District


badawi, Esa Putri Utama A. (2021) Peran pendamping desa dalam pemberdayaan masyarakat di kecamatan maritengngae kabupaten sidenreng rappang = The Role of Village Facilitators in Community Empowerment in Maritengngae Sub-district, Sidenreng Rappang District. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E12114007_skripsi_cover1.jpg

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E12114007_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (584kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E12114007_skripsi_dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E12114007_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Esa Putri Utama A Badawi, Nomor Induk Mahasiswa E12114007, Departemen Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin menyusun Skripsi dengan judul Peran Pendamping Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat di Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang, di bawah bimbingan Ibu Prof. Dr. Rabinah Yunus, M.Si sebagai pembimbing I dan Bapak Dr. A. Lukman Irwan, S.IP. M,Si sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Pendamping Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat di Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappangserta faktor-faktor yang mempengaruhinya, untuk mencapai tujuan tersebut, digunakanlah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan data secara deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan dengan cara observasi, wawancara, serta dokumen dan arsip dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat yang diamanat kan didalam Undang-Undang No 6 tahun 2014 tentang desa serta Peraturan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia No 3 Tahun 2015 Tentang Pendamping Desa melalui peran Pendamping Desa di Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang” telah terealisasi yaitu, dalam bentuk pendampingan dan pemberdayaan masyarakat. Meskipun proses pendampingan dan pemberdayaan telah dilaksanakan, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan yang dilaksanakandi Kecamatan Maritengngae belum maksimal. Beberapa program yang dilaksanakan oleh Pendamping Desa yakni Pendampingan dalam penyusunan RPJMDes RKPDes dan APBDes, mulai dari tahap musyawarah hingga penyusunan, Bersama-sama dengan kepala desa berbaur dan berkordinasi dengan kelompok-kelompok masyarakat kelompok tani, sedangkan faktor yang mempengaruhi Pendamping Desa dalam Pemberdayaan Masyarakatmeliputi Faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung yakni Anggaran sedangkan faktor penghambat yakni sumber daya masyarakat.

Kata Kunci :Pendamping Desa, Pemberdayaan, Kecamatan Maritengngae

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:36
Last Modified: 10 Aug 2022 03:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17914

Actions (login required)

View Item
View Item