Inovasi Pelayanan Program Dongeng Keliling Online (DONGKELOR) Di Dinas Perpustakaan Kota Makassar = The Innovation of Fairy Tales Online Program (DONGKELOR) at the Makassar City Library Service


Aris, Siti Fakhirah Ulfa (2021) Inovasi Pelayanan Program Dongeng Keliling Online (DONGKELOR) Di Dinas Perpustakaan Kota Makassar = The Innovation of Fairy Tales Online Program (DONGKELOR) at the Makassar City Library Service. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011171514_skripsi_cover1.jpg

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011171514_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011171514_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011171514_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

SITI FAKHIRAH ULFA ARIS (E011171514), Peranan Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Pelayanan Perizinan Sistem Daring di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Bintang Lima Kota Makassar . 152 halaman + 21 gambar + 20 Kepustakaan, dibawah Bimbingan Dr. Syahribulan, M.Si dan Dr. H. Muhammad Yunus, MA.
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan kepemimpinan dalam meningkatkan pelayanan perizinan sistem daring di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dimana penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif yang cenderung menggunakan analisis untuk mengetahui atau menggambarkan kenyataan dari kejadiaan yang diteliti. Proses analisis data dilakukan secara terus menerus dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, yakni wawancara, observasi yang sudah dituliskan dalam catatan lapangan, dokumentasi dan sebagainya sampai dengan penarikan kesimpulan.
Peranan kepemimpinan adalah suatu perilaku yang diharapkan oleh pemimpin dalam menduduki suatu posisi tertentu yang diharapkan bisa berperan untuk mempengaruhi, membimbing, mengevaluasi bawahannya kearah pencapaian tujuan sebuah organisasi. Dalam penelitian ini, yang menjadi fokus penelitian dibagi atas (4) peranan yaitu Penentu Arah, Agen Perubahan, Juru Bicara, dan Pelatih. Hasil penelitian di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Bintang Lima Kota Makassar menunjukkan bahwa Peranan Kepemimpinan dalam Meningkatkan Pelayanan Perizinan Sistem Daring masih kurang untuk dikatakan efektif dalam memberikan pelayanan berkelas bintang lima kepada masyarakat. Hal ini dilihat dari masih ada beberapa masyarakat yang datang ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Makassar untuk membuat surat perizinan atau sekedar bertanya mengenai keperluan berkas yang dibutuhkan saat ingin membuat surat perizinan melalui Sistem Daring (Online).
Kata kunci : Kepemimpinan, Pelayanan Publik, E-Government, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Bintang Lima Kota Makassar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Aug 2022 01:37
Last Modified: 10 Aug 2022 01:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17907

Actions (login required)

View Item
View Item