EFEKTIVITAS PELAYANAN PADA KANTOR UNIT PELAKSANA TEKNIS PENDAPATAN SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) WILAYAH PAREPARE = Effectiveness of Services At the Office of The Technical Implementation Unit of The One-Stop Manunggal Administration System (SAMSAT) Parepare Region


Putri, Andi Riska Amalia Novianti (2021) EFEKTIVITAS PELAYANAN PADA KANTOR UNIT PELAKSANA TEKNIS PENDAPATAN SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) WILAYAH PAREPARE = Effectiveness of Services At the Office of The Technical Implementation Unit of The One-Stop Manunggal Administration System (SAMSAT) Parepare Region. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011171503_skripsi_cover1.jpg

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011171503_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011171503_skripsi_dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011171503_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ANDI RISKA AMALIA NOVIANTI PUTRI (E011171503), Efektivitas Pelayanan
Pada Kantor Unit Pelaksana Teknis Pendapatan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Wilayah Parepare . 104 Halaman + 6 Gambar
+ 7 Tabel + 66 Kepustakaan (1951-2018) + 5 Lampiran + Dibimbing Oleh Dr. Hasniati, S.Sos., M.Si dan Andi Ahmad Yani, S.Sos.M.Si, M.Sc.MPA
Pajak merupakan salah satu devisa negara dan sumber dana terbesar dalam pembiayaan pembangunan yang berasal dari masyarakat. Adapun pada Provinsi Sulawesi Selatan, pajak atas Kendaraan Bermotor merupakan bentuk pemasukan terbesar bagi pemerintah daerah yang dipungut melalui Badan Pendapatan Daerah yang memiliki Unit Pelaksana Teknis di setiap Kota dan Kabupaten yang salah satunya berada di Kota Parepare. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Bagaimana Efektivitas Pelayanan Pada Kantor Unit Pelaksana Teknis Pendapatan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Wilayah Parepare.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif melalui studi kasus. Informan dalam penelitian ini berjumlah tujuh orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipatif dan studi dokumentasi. Adapun indikator yang digunakan adalah (1) Perhatian atasan terhadap pegawai (2) Semangat, kerjasama, dan loyalitas kelompok kerja (3) Saling percaya dan komunikasi antara pegawai dengan pemimpin (4) Desentralisasi dalam pengambilan keputusan (5) Adanya komunikasi vertical dan horizontal yang lancar dalam organisasi (6) Adanya usaha dari tiap individu maupun keseluruhan organisasi untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan (7) Adanya sistem imbalan yang merangsang pimpinan untuk mengusahakan terciptanya kelompok-kelompok kerja yang efektif serta performansi dan pengembangan pegawai (8) Organisasi dan bagian-bagian bekerjasama dengan baik dan konflik yang terjadi selalu diselesaikan dengan mengacu pada kepentingan bersama.
Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pelayanan pemungutan pajak kendaraan bermotor di Kantor Unit Pelaksana Teknis Pendapatan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Wilayah Parepare telah terlaksana dengan efektif dalam perspektif proses. Namun masih terdapat beberapa faktor yang berpengaruh pada pencapaian target realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor, seperti wajib pajak masih banyak menunda pembayaran pajak kendaraannya, resesi ekonomi yang memengaruhi menurunnya tingkat pendapatan masyarakat yang berdampak kepatuhan wajib pajak menurun, serta kesadaran wajib pajak masih rendah.

Kata kunci : Efektivitas, Pelayanan, Pajak Kendaraan Bermotor

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Aug 2022 01:35
Last Modified: 10 Aug 2022 01:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17904

Actions (login required)

View Item
View Item