Implementasi Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Mencapai Sustainable Development Goals di Kabupaten Pangkep = Implementation of Poverty Reduction Policies through the Family Hope Program (PKH) in Achieving Sustainable Development Goals in Pangkep Regency


Islamiyah, Riska (2021) Implementasi Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Mencapai Sustainable Development Goals di Kabupaten Pangkep = Implementation of Poverty Reduction Policies through the Family Hope Program (PKH) in Achieving Sustainable Development Goals in Pangkep Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011171321_skripsi_cover1.jpg

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011171321_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011171321_skripsi_dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011171321_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

RISKA ISLAMIYAH (E011171321), Implementasi Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Mencapai Sustainable Development Goals di Kabupaten Pangkep.
(Dibimbing oleh Prof.Dr. Moh Tahir Haning, M.Si dan Andi Rahmat Hidayat. S.Sos. M.Si)
Secara umum, tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi kebijakan penanggulangan kemiskinan melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dalam mencapai Sustainaible Development Goals (SDGs) di Kabupaten Pangkep; (2) Untuk mengetahui hambatan implementasi kebijakan penanggulangan kemiskinan melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dalam mencapai Sustainaible Development Goals (SDGs) di Kabupaten Pangkep.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan informan yang dipilih melalui teknik snowball. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumen yang berhubungan dengan penelitian tersebut. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan Model Analisis Interaktif Miles, Huberman & Saldana.
Berdasarkan hasil penelitian, implementasi kebijakan penanggulangan kemiskinan melalui Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Pangkep dengan mengacu pada teori Adaptive Policies menurut Swanson & Bhadwal (2009), dari 7 indikator, 5 diantaranya sudah diimplementasikan dengan baik untuk dapat berhasil dalam pencapaian tujuan 1 SDGs 2030 yaitu terkait Integrated and forward-looking analysis, Automatic policy adjustment, Decentralization of decision-making, Promoting variation, dan Formal policy review and continuous learning. Akan tetapi 2 diantaranya belum optimal yaitu terkait multistakeholders deliberation dan Enabling self-organization and social networking. Adapun penelitian ini menemukan hambatan dalam implementasi kebijakan tersebut adalah kurangnya keterlibatan sektor privat, kendala geografis wilayah, hingga pola fikir masyarakat dalam menerima bantuan.
Kata Kunci: Program Keluarga Harapan, Kebijakan Publik, Sustainaible Development Goals, Adaptive Policies.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Aug 2022 01:34
Last Modified: 10 Aug 2022 01:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17902

Actions (login required)

View Item
View Item