Modalitas Dalam Mengikuti Pemilu Legislatif 2019 (Studi Tentang Kemenangan Rifaldi Eka Putra Sebagai Pendatang Baru Pada Pemilu Di Kabupaten Luwu) = Modalities in participating in the legislative elections (study of Rifaldi Eka Putra's victory as a newcomer in the general election in luwu regency)


Pratiwi, Alfadillah Tri (2021) Modalitas Dalam Mengikuti Pemilu Legislatif 2019 (Studi Tentang Kemenangan Rifaldi Eka Putra Sebagai Pendatang Baru Pada Pemilu Di Kabupaten Luwu) = Modalities in participating in the legislative elections (study of Rifaldi Eka Putra's victory as a newcomer in the general election in luwu regency). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E11116305_skripsi cover1.jpg

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E11116305_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E11116305_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (817kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E11116305_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Alfadillah Tri Pratiwi, “ Modalitas Dalam Pemilu Legislatif 2019 ( Studi Tentang Kemenangan Rifaldi Eka Putra Sebagai Pendatang Baru Pada Pemilu di Kabupaten Luwu)”. Di bawah bimbingan Drs. H. A. Yakub, M.Si., Ph.D sebagai Pembimbing I dan Dr. Phil. Sukri, M.Si sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui modal-modal apa saja yang dimiliki oleh Rifaldi Eka Putra dalam memenangkan pemilu legislatif 2019 di Kabupaten Luwu. Dengan rumusan masalah bagaimana pemanfaatan modalitas dalam kemenganan Rifaldi Eka Putra pada pemilu legislatif 2019 dikabupaten luwu Pada tahun 2019 ini banyak politisi muda yang berhasil terpilih menjadi anggota legislatif. pada P emilu di Kabupaten Luwu, modalitas merupakan salah satu faktor utama yang dapat menunjang keberhasilan seorang aktor dalam bersaing dengan lawan politiknya.
Kemenangan yang diperoleh dengan melihat Rifaldi Eka Putra yang tidak memiliki latarbelakang politik namun bisa berhasil terpilih menjadi anggota legislatif dengan mengandalkan modalitas yang dimiliki menjadikan penelitian ini menarik. Teori yang digunakan dalam menganalisis yaitu teori modal sosial yang dikemukakan oleh Putnam. Tipe penelitian deskripstif dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini Purposive Sampling. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yaitu wawancara, dokumentasi , audio visual dan studi Pustaka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rifaldi Eka Putra berhasil memenangkan pemilu legislatif dengan memanfaatkan modalitas sosial yang dimiliki seperti: memanfaatkan jaringan bapaknya yang merupakan seorang polisi, mendapatkan dukungan dari elit politik wakil bupati Luwu yang merupakan kakek dari rifaldi, memanfaatkan jaringan organisasinya, Rifaldi Eka Putra juga memiliki image politik yang baik di masyarakat karena kepribadiannya yang baik, sopan dan juga bisa bergaul dengan masyarakat.

Kata kunci: Modalitas, Pemilu Legislatif, jaringan, kepercayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 09 Aug 2022 03:39
Last Modified: 09 Aug 2022 03:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17894

Actions (login required)

View Item
View Item