RELASI KUASA PUNGGAWA SAWI DALAM ARENA POLITIK (Studi pada Komunitas Pedagang Antar Pulau di Desa Turasu Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone)


Kamal, Ahmad (2021) RELASI KUASA PUNGGAWA SAWI DALAM ARENA POLITIK (Studi pada Komunitas Pedagang Antar Pulau di Desa Turasu Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
E032171010_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
E032171010_tesis_bab 1-2.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E032171010_tesis_cover1.jpg

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
E032171010_tesis_dp.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Abstrak
AHMAD KAMAL. Relasi Kuasa Punggawa Sawi Dalam Arena Politik (Studi Pada Komunitas Pedagang Antar Pulau Di Desa Tarasu Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone). (dibimbing oleh Suparman Abdullah dan Sakaria Anwar
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu : untuk mengetahui relasi kuasa punggawa sawi dalam arena politik di laut dan untuk mengetahui relasi kuasa punggawa sawi dalam arena politik di darat.
Metode yang digunakan adalah jenis kualitatif dengan metode studi kasus.
Hasil penelitian menunjukkan :1) Relasi kuasa antar punggawa sawi dalam arena politik di laut dalam hal modal kultural terjalin secara alami karna sistem yang dibangun pada awal perekrutanya adalah kekeluargaan dan modal ekonominya berjalan dengan baik karna dilihat dari kesukarelaan para punggawa yang mewujudkan kepeduliannya terhadap sawi-sawinya dengan memberikan bantuan ketika sawi atau keluarga sawi membutukan bantuan. Modal sosial Hubungan atau jejaring yang terkonstruk antara punggawa laut dengan sawi yaitu hubungan kerja sama atas dasar kekerabatan. Modal simbolis punggawa di identikan sebagai orang yang dermawan yang sering membantu ketika sawinya kesusahaan. 2) Relasi kuasa antar punggawa sawi dalam arena politik di darat dalam hal modal kultural penuh tekanan dari punggawa kepada sawi untuk mengikuti pilihan politik punggawa yang mengikuti kontestasi yang sedang berlangsung dan modal ekonominya ditentukan oleh modal ekonomi (uang) sang punggawa untuk mempengaruhi sawi dalam menentukan pilihan politinya. Modal sosial hubungan kerja sama atas dasar tekanan punggawa terhadap sawi untuk mendukung pilhan politik punggawa darat. Dalam hal modal simblis punggawa di identikan sebagai orang yang dermawan yang sering membantu ketika keluarga sawinya kesusahaan dan juga simbol kekayaan dan harta yang banyak membuat punggawa darat dikenal oleh sawi dan keluarga sawi. 3) Perbedaan politik di laut lebih kepada penguatan pada kelompok sawi agar supaya bertahan dengan punggawa laut. Sedangkan pada politik darat mengedepankan kepentingan punggawa darat untuk mengarahkan kelompok sawi dan keluarganya dan menentukan pilhan politiknya susai dengan keinginan pungga darat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Punggawa, Sawi, Relasi-Kuasa
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:35
Last Modified: 08 Aug 2022 03:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17869

Actions (login required)

View Item
View Item