STRATEGI PENGEMBANGAN ANEKA USAHA KEHUTANAN PADA GAPOKTAN HUTAN KEMSAYARAKATAN TANDUNG BILLA DI KECAMATAN WARA BARAT KOTA PALOPO = THE STRATEGY OF DEVELOPMENT OF THE VARIOUS EFFORTS OF FORESTRY AT THE ASSOCIATION OF COMMUNITY FOREST TANDUNG BILLA IN WEST WARA DISTRICT PALOPO CITY


Imelda, Imelda (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN ANEKA USAHA KEHUTANAN PADA GAPOKTAN HUTAN KEMSAYARAKATAN TANDUNG BILLA DI KECAMATAN WARA BARAT KOTA PALOPO = THE STRATEGY OF DEVELOPMENT OF THE VARIOUS EFFORTS OF FORESTRY AT THE ASSOCIATION OF COMMUNITY FOREST TANDUNG BILLA IN WEST WARA DISTRICT PALOPO CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
M012191015_skripsi_20-07-2022 cover1.png

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
M012191015_skripsi_20-07-2022 1-2.pdf

Download (980kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
M012191015_skripsi_20-07-2022 dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
M012191015_skripsi_20-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Pengembangan komoditas aneka usaha kehutanan (AUK) dapat mengurangi tekanan masyarakat terhadap kawasan hutan yang ada baik berupa perambahan hutan maupun illegal logging. Selain itu juga mampu meningkatkan pendapatan masyarakat secara signifikan dan sekaligus merehabilitasi lahan yang terdegradasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang menentukan keberhasilan pengelolaan Aneka Usaha Kehutanan pada Gapoktan HKm Tandung Billa kemudian merumuskan strategi pengembangan Aneka Usaha Kehutanan tersebut. Pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara, observasi dan studi literatur. Analisisi data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Pengolahan data yang dilakukan dengan metode analisis SWOT yaitu penilaian terhadap faktor internal mencakup kekuatan dan kelemahan sementara faktor eksternal mencakup faktor peluang dan ancaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan analisis SWOT maka strategi pengembangan Aneka Usaha Kehutanan pada pengelolaan Hasil Hutan Bukan Kayu berada pada kuadran I (satu) yang berarti mempunyai Strategi Agresif (Positif - Positif). Dimana nilai (S – W) yaitu 2,03 lebih besar dari nilai (O – T) yaitu 1,71. Sedangkan pengolahan data dengan menggunakan analisis SWOT pengembangan Jasa Lingkungan pada Gapoktan HKm Tandung Billa juga berada pada kuadran I (satu) yang berarti mempunyai Strategi Agresif (Positif – Positif). Dimana nilai (S – W) yaitu 1,85 lebih besar dari nilai (O – T) yaitu 1,48. Alternatif strategi pada pengembangan AUK dan jasa lingkungan Gapoktan HKm Tandung Billa yaitu strategi S – O yang berarti mempunyai strategi agresif (positif–positif), dengan demikian pengembangan AUK dan jasa lingkungan sangat memungkinkan untuk terus melakukan kegiatan pengelolaan dan pengembangan usaha.

Keywords : Aneka Usaha Kehutanan; Hutan Kemasyarakatan; Gabungan Kelompok Tani Hutan; Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions (Program Studi): Fakultas Kehutanan > Kehutanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Aug 2022 03:27
Last Modified: 29 Aug 2022 03:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17853

Actions (login required)

View Item
View Item