Suardi, Nurul Asyfiyah (2022) PENGARUH SENAM OTAK (BRAIN GYM) TERHADAP TINGKAT KEJENUHAN SANTRI DI RUMAH TAHFIDZ AL-QUR’AN AL-IHSAN PHYSIO SAKTI MAKASSAR = The Effect Of Brain Gym On Student Burnout at Tahfidz House Al-Qur'an Al-Ihsan Physio Sakti Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
R021181515_skripsi_19-07-2022 cover1.png
Download (138kB) | Preview
R021181515_skripsi_19-07-2022 1-2.pdf
Download (1MB)
R021181515_skripsi_19-07-2022 dp.pdf
Download (4MB)
R021181515_skripsi_19-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Beberapa santri mengalami kejenuhan dikarenakan kegiatan menghafal Al-Qur’an yang terus-menerus (monoton) terjadi. Brain gym berperan untuk membantu santri yang mengalami hambatan dalam mengatasi kejenuhan dalam menghafal AlQur’an dengan merangsang bagian otak kanan dan kiri. Brain gym adalah serangkaian latihan gerak yang bertujuan untuk menstimulasi atau merangsang potensi otak. Pembelajaran berbasis aktivitas fisik bisa menjadi solusi yang ideal bagi lingkungan para penghafal Al-Qur’an dengan metode belajar pada brain gym. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brain gym terhadap tingkat kejenuhan santri di Rumah Tahfidz Al-Qur’an Physio Sakti Makassar. Dalam
pelaksanaan penelitian, tidak semua gerakan brain gym digunakan. Gerakangerakan brain gym akan disesuaikan dengan kepentingan penelitian. Penelitian ini merupakan Pre experimental design. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah Total Sampling dengan jumlah sampel 15 orang (n=15).. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri Rumah Tahfidz Al-Qur’an Al-Ihsan Physio
Sakti Makassar Adapun desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “one group pretest-posttest design”. Alat ukur yang digunakan yaitu kuesioner dari Maslach Burnout Inventory (MBI) untuk mengetahui tingkat kejenuhan sebelum dan setelah melakukan brain gym sebanyak 12 kali. Uji pengaruh menggunakan Uji paired T sample. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan tingkat kejenuhan sebelum dan setelah diberikan brain gym p=0,002 (p< 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan tingkat kejenuhan santri dari pre-test dengan post-test yang artinya ada pengaruh brain gym dalam menurunkan tingkat kejenuhan santri dalam menghafal Al-Qur’an.
Kata kunci : brain gym, tingkat kejenuhan, penghafal Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Keperawatan > Fisioterapi |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 03:29 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 03:29 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17850 |