Pengaruh Program Brain-Breaks Terhadap Memori Jangka Pendek dan Atensi Pada Siswa Kelas V SD di Kota Makassar = The Effect of Brain-Breaks Program on Short-term Memory and Attention in Fifth Grade Elementary School Students in Makassar City


Nuskin, Gita Safirah (2022) Pengaruh Program Brain-Breaks Terhadap Memori Jangka Pendek dan Atensi Pada Siswa Kelas V SD di Kota Makassar = The Effect of Brain-Breaks Program on Short-term Memory and Attention in Fifth Grade Elementary School Students in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R021181506_skripsi_19-07-2022 cover1.png

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R021181506_skripsi_19-07-2022 1-2.pdf

Download (723kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R021181506_skripsi_19-07-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R021181506_skripsi_19-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Nama : Gita Safirah Nuskin
Program Studi : Fisioterapi
Judul Skripsi : Pengaruh Program Brain-Breaks Terhadap Memori Jangka Pendek dan Atensi pada Siswa Kelas V SD di Kota Makassar
Program Brain-Breaks hadir sebagai salah satu program yang didesain untuk meningkatkan kemampuan motorik sekaligus kognitif pada anak. Program ini menyajikan gerakan-gerakan yang akan meningkatkan mekanisme neuroplastisitas dalam rangka peningkatan kemampuan memori jangka pendek dan atensi dengan cara yang menyenangkan dan mudah diikuti. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh program Brain-Breaks terhadap memori jangka pendek dan atensi pada siswa kelas V SD di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental design dengan jenis rancangan pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Kota Makassar. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 53 orang yang terdiri dari 27 orang siswa kelas V di SD Inpres Kera-Kera sebagai kelompok eksperimen dan 26 siswa kelas V di SD Inpres Tello Baru. Inklusi dalam penelitian ini adalah siswa usia 10-12 tahun yang mampu berkomunikasi dan mengikuti instruksi dengan baik. Siswa yang tidak mengikuti seluruh rangkaian program dikeluarkan dari sampel. Pemberian program brain-breaks dilaksanakan sebanyak 12 kali. Pengumpulan data dilakukan dengan pengambilan data primer melalui pengukuran memori jangka pendek menggunakan Digit Span Test (DST) dan atensi menggunakan Stroop Test Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada kemampuan memori jangka pendek dan fungsi atensi pada kelompok eksperimen setelah pemberian program Brain-Breaks yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi p≤0,001 (p<0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa program brain-breaks efektif dalam meningkatkan kemampuan memori jangka pendek dan atensi pada siswa kelas V SD.
Kata Kunci : Program brain-breaks, memori jangka pendek, atensi, anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Fisioterapi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Aug 2022 03:29
Last Modified: 29 Aug 2022 03:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17849

Actions (login required)

View Item
View Item