Penggunaan Asesmen Nutrisi Untuk Menilai Status Gizi Pasien Kanker Yang Menjalani Kemoterapi : Scoping Review = Use of Nutritional Assessment to Assess Nutritional Status in Cancer Patients Undergoing Chemotherapy: A Scoping Review


Irawati, Irawati (2022) Penggunaan Asesmen Nutrisi Untuk Menilai Status Gizi Pasien Kanker Yang Menjalani Kemoterapi : Scoping Review = Use of Nutritional Assessment to Assess Nutritional Status in Cancer Patients Undergoing Chemotherapy: A Scoping Review. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R012181033_tesis_13-07-2022 cover1.png

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R012181033_tesis_13-07-2022 1-2.pdf

Download (799kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R012181033_tesis_13-07-2022 dp.pdf

Download (715kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R012181033_tesis_13-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Malnutrisi terkait efek samping kemoterapi sering tidak terdeteksi dan kurang ditangani dalam layanan klinis. Asesmen nutrisi dapat mengidentifikasi perubahan tersebut dalam praktik klinis. Namun, terdapat beberapa penelitian yang menilai status gizi dengan menggunakan asesmen nutrisi beragam selama menjalani kemoterapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi asesmen nutrisi yang digunakan untuk menilai status gizi pada pasien kanker yang khusus menjalani kemoterapi di pelayanan Rumah Sakit. Penelitian ini menggunakan pendekatan scoping review berdasarkan panduan JBI. Penelusuran literatur yang sesuai dengan menggunakan database elektronik yaitu PubMED, Science direct, ProQUEST, Ebsco, Sage dan Willey. Pencarian artikel dimasukkan jika partisipan dalam penelitian usia dewasa, status gizi yang dinilai pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi, serta artikel yang berbahasa inggris yang diterbitkan pada jurnal peer review dalam sepuluh tahun terakhir.
Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 8 jenis asesmen nutrisi digunakan pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi pada studi dalam tinjauan ini yang teridentifikasi melalui 13 penelitian. PG-SGA SF adalah asesmen nutrisi yang cocok digunakan pada studi dalam tinjauan ini. Asesmen nutrisi yang efisien dan sesuai harus dipilih berdasarkan pengaturan pelayanan klinis Rawat Inap dan Rawat Jalan. Waktu penilaian status gizi dilakukan pada awal terdiagnosis kanker, sebelum kemoterapi dan dievaluasi kembali dengan interval waktu 3 dan 6 bulan selama kemoterapi. Asesmen nutrisi harus dilakukan secara rutin dan sistematis maka penilaian status gizi dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan untuk memberikan informasi tentang derajat malnutrisi dan intervensi nutrisi. Jadi, asesmen nutrisi diharapkan menjadi standar perawatan untuk pasien kanker yang menjalani kemoterapi dan PG-SGA SF perlu dipertimbangkan penggunaannya dalam praktik rutin.

Keywords : Kanker, Kemoterapi,Status Gizi, Asesmen Nutrisi

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:31
Last Modified: 05 Aug 2022 02:31
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17821

Actions (login required)

View Item
View Item