EFEKTIVITAS PENERAPAN SANKSI ADAT DALAM PENYELESAIAN PELANGGARAN ADAT “ALUK TODOLO” MASYARAKAT DI KABUPATEN TANA TORAJA DAN KABUPATEN TORAJA UTARA (Studi Kasus Pada Objek wisata Ke’Te’ Kesu’ Kab. Toraja Utara) = THE EFFECTIVENESS OF THE IMPLEMENTATION OF CUSTOMARY SANCTIONS IN THE SETTLEMENT OF COMMUNITY “ALUK TODOLO” VIOLATIONS IN TANA TORAJA DISTRICT AND NORTH TORAJA DISTRICT (Case Studies on Ke'te 'Kesu' Tourism Object North Toraja District)


Pratama, Yoland Suryamodjo (2020) EFEKTIVITAS PENERAPAN SANKSI ADAT DALAM PENYELESAIAN PELANGGARAN ADAT “ALUK TODOLO” MASYARAKAT DI KABUPATEN TANA TORAJA DAN KABUPATEN TORAJA UTARA (Studi Kasus Pada Objek wisata Ke’Te’ Kesu’ Kab. Toraja Utara) = THE EFFECTIVENESS OF THE IMPLEMENTATION OF CUSTOMARY SANCTIONS IN THE SETTLEMENT OF COMMUNITY “ALUK TODOLO” VIOLATIONS IN TANA TORAJA DISTRICT AND NORTH TORAJA DISTRICT (Case Studies on Ke'te 'Kesu' Tourism Object North Toraja District). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B012191068_tesis_cover1.jpg

Download (367kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B012191068_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B012191068_tesis_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B012191068_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Yoland Suryamodjo Pratama, “Efektivitas Penerapan Sanksi Adat Dalam Penyelesaian Pelanggaran Adat “Aluk Todolo” Masyarakat Di Kabupaten Tana Toraja Dan Kabupaten Toraja Utara”. Di bawah bimbingan Nur Azisa, sebagai Ketua dan Haeranah, sebagai Anggota.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami efektivitas dari penerapan sanksi adat dalam penyelesaian pelanggaran adat “Aluk Todolo” masyarakat di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara dan memahami penerapan sanksi adat dalam “Aluk Todolo” yang mampu memberikan perlindungan hukum bagi masyarakat di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara.
Penelitian ini adalah penelitian empiris dengan cara melakukan pengumpulan data berdasarkan fakta-fakta empiris yang diperoleh dari hasil wawancara dan pengamatan langsung di wilayah daya tarik wisata Ke’te’ Kesu’ yaitu melakukan dialog langsung bersama pemangku adat yang merupakan hakim adat di tempat terjadinya pelanggaran adat “Aluk Todolo”. Data yang telah dikumpulkan akan dipahami secara deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan sanksi adat “Aluk todolo” menjadi suatu landasan perlindungan hukum bagi masyarakat adat yang kemudian mampu memberikan efek jera bagi pelaku pelanggaran adat sehingga menciptakan kerukunan serta ketentraman masyarakat adat (2) penerapan sanksi adat dalam penyelesaian pelanggaran adat “Aluk todolo” masyarakat di Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara sangat efektif pemberian sanksinya dalam mencegah terjadinya pelanggaran adat berdasarkan penggunaan teori efektivitas dengan faktor substansi hukum, struktur hukum dan budaya hukum.
Kata kunci : Aluk todolo, Hukum Adat, Pelanggaran Adat, Toraja.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Aug 2022 01:21
Last Modified: 04 Aug 2022 01:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17796

Actions (login required)

View Item
View Item