URGENSI DIVERSI DALAM MEWUJUDKAN KEADILAN RESTORATIF TERHADAP ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM PADA TINDAK PIDANA NARKOTIKA = THE URGENCY OF DIVERSION IN REALIZING RESTORATIVE JUSTICE FOR CHILDREN WHO ARE IN CONFLICT WITH THE LAW IN NARCOTICS CRIMES


Hidayat, Syahriful Khaerul (2021) URGENSI DIVERSI DALAM MEWUJUDKAN KEADILAN RESTORATIF TERHADAP ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM PADA TINDAK PIDANA NARKOTIKA = THE URGENCY OF DIVERSION IN REALIZING RESTORATIVE JUSTICE FOR CHILDREN WHO ARE IN CONFLICT WITH THE LAW IN NARCOTICS CRIMES. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B012191016_tesis cover1.jpg

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B012191016_tesis bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B012191016_tesis daftar pustaka.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B012191016_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

SYAHRIFUL KHAERUL HIDAYAT (B012191016) dengan Judul “URGENSI DIVERSI DALAM MEWUJUDKAN KEADILAN RESTORATIF TERHADAP ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM PADA TINDAK PIDANA NARKOTIKA”. (Dibimbing oleh Hijrah Adhyanti Mirzana dan Dara Indrawati).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi diversi dalam mewujudkan keadilan restorative terhadap anak yang berhadapan dengan hukum pada tindak pidana narkotika. Oleh karena itu fokus kajian penelitian diarahkan untuk mengetahui urgensi penerapan diversi terhadap anak yang berhadapan dengan hukum pada tindak pidana narkotika dan akibat pengaturahn diversi terhadap anak yang berhadapan dengan hukum pada tindak pidana narkotika.
Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris dengan menggunakan peraturan perundang-undangan dan teori hukum. Penelitian dilakukan di Kepolisian Resort Kota Besar Makassar, Kejaksaan Negeri Makassar Pengadilan Negeri Makassar. Analisis data adalah kualitatif yaitu data yang diperoleh diolah dan disajikan kemudian diklasifikasikan sesuai pokok permasalahan dan disistematisasikan, dianalisis dan dijadikan dasar dalam mengambil keputusan.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Urgensi dari sistem diversi untuk mewujudkan keadilan restoratif pada tahap penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan pada persidangan pengadilan telah memegang peranan yang cukup sentral dalam penyelesaian perkara pidana anak, hanya saja belum terdapat koordinasi yang baik dalam pelaksanaannya masing-masing dikarenakan baru lembaga Mahkamah Agung yang mengeluarkan Peraturan Pelaksanaan (PP) terkait pelaksanaan diversi.
2). Peranan seharusnya dari Polisi, Jaksa, dan Hakim sudah ditegaskan dalam peraturan perundang-undangan dan para penegak hukum sudah seharusnya menjalankan itu. Kemudian dalam penerapannya berdasarkan hasil penelitian mengenai peranan sebenarnya dari Polisi dalam melakukan penyidikan, Jaksa dalam melakukan penuntutan, dan Hakim yang bertugas untuk mengadili dalam rangka penegakan hukum diversi dalam rangka mewujudkan keadilan restoratif terhadap anak yang berhadapan dengan hukum pada tindak pidana narkotika.

Keywords : Diversi, Keadilan Restoratif, dan Tindak Pidana Narkotika Anak.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Aug 2022 01:10
Last Modified: 04 Aug 2022 01:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17791

Actions (login required)

View Item
View Item