EFEKTIVITAS PEMENUHAN HAK ATAS UPAH KEPADA WARGA BINAAN YANG MELAKUKAN PEKERJAAN PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A KOTA PALOPO = THE EFFECTIVENESS OF FULFILLING THE RIGHT TO WAGES FOR ASSISTED CITIZENS WHO DO WORK AT THE PENITENTIARY CLASS II A OF PALOPO


Arrahmania, Musbirah (2021) EFEKTIVITAS PEMENUHAN HAK ATAS UPAH KEPADA WARGA BINAAN YANG MELAKUKAN PEKERJAAN PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A KOTA PALOPO = THE EFFECTIVENESS OF FULFILLING THE RIGHT TO WAGES FOR ASSISTED CITIZENS WHO DO WORK AT THE PENITENTIARY CLASS II A OF PALOPO. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B012181069_tesis_cover1.jpg

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B012181069_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B012181069_tesis_dp.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B012181069_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Musbirah Arrahmania(B012181069) dengan judul “EFEKTIVITAS PEMENUHAN HAK ATAS UPAH KEPADA WARGA BINAAN YANG MELAKUKAN PEKERJAAN PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A KOTA PALOPO” dibawah bimbingan Abd. Asis sebagai Pembimbing Utama dan Audyna Mayasari Muin sebagai Pembimbing Pendamping.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi terkait pemberian upah kepada warga binaan pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kota Palopo dan untuk menganalisis konsep ideal pelaksanaan terkait pemberian upah dan premi kepada warga binaan pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kota Palopo.

Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris yang menggunakan metode penelitian wawancara dan kepustakaan sebagai teknik pengumpulan data yang kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.

Adapun kesimpulan dari penelitian ini, yaitu (1) implementasi terkait dengan pemberian upah dan premi kepada narapidana atau warga binaan yang bekerja dilakukan dengan kontrak antara Lembaga Pemasyaraktan Kelas IIA Palopo dengan mitra kerja yang terdiri atas bidang pertanian, peternakan, bengkel las dan meubel. Terdapat beberapa kendala yang dihadapi namun telah terdapat upaya yang dapat menanggulangi kendala-kendala yang timbul, dan (2) konsep ideal pemberian upah dan premi kepada narapidana atau warga binaan yang melakukan pekerjaan merujuk National Institute of Law Enforcement and Criminal Justice (NILECJ) contohnya dengan pelaksanaan work release.Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Palopo masih membutuhkan adanya upaya dalam mewujudkan bentuk ideal dalam pelaksanaannya.

Kata Kunci :Efektifitas, Hak, Pemasyarakatan, Upah, Warga Binaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Aug 2022 01:05
Last Modified: 04 Aug 2022 01:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17780

Actions (login required)

View Item
View Item