PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK PIDANA YANG MENJADI KORBAN KEJAHATAN PENCABULAN (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Makassar) = Legal Protection Against Criminal Children That Are Victims of the Crime of Molestation (Study at Class 1 Penitentiary Makassar)


Mauraga, Andi Sarah Maulidana (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK PIDANA YANG MENJADI KORBAN KEJAHATAN PENCABULAN (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Makassar) = Legal Protection Against Criminal Children That Are Victims of the Crime of Molestation (Study at Class 1 Penitentiary Makassar). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B012181058_tesis_cover1.jpg

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B012181058_tesis_bab 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B012181058_tesis_daftar pustaka.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B012181058_tesis_18-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Andi Sarah Maulidana Mauraga (B012181058), “Perlindungan Hukum Terhadap Anak Pidana Yang Menjadi Korban Kejahatan Pencabulan (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Makassar)”. Di bawah bimbingan oleh M. Syukri Akub selaku Pembimbing Utama dan Haeranah selaku Pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum yang dapat diperoleh oleh anak pidana sebagai korban kejahatan pencabulan dalam lingkungan Lapas Kelas 1 Makassar dan faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas perlindungan hukum dalam Lembaga Pemasyarakatan tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian bersifat normatif empiris yang menggunakan metode penelitian wawancara (interview) kepada pihak-pihak yang terkait di lingkungan Lembaga Pemasyaraktan Kelas 1 Makassar dan studi literatur yang kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif analitis.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah perlindungan hukum terhadap anak pidana yang telah tertuang dalam berbagai peraturan perundang-undangan belum sepenuhnya terlaksana di dalam lingkungan Lapas Kelas 1 Makassar. Terkait kasus ini Lapas Kelas 1 Makassar telah melakukan berbagai upaya, baik upaya menanggulangi masalah ini maupun upaya prefentif sehingga kejadian ini tidak terulang lagi. Dengan adanya beberapa faktor yakni faktor hukum materil, faktor penegak hukum, faktor sarana atau fasilitas, faktor masyarakat,dan faktor kebudayaan yang menjadi kendala sehingga mempengaruhi efektifitas perlindungan hukum dalam Lapas, Lapas Kelas 1 Makassar masih membutuhkan adanya upaya dalam mewujudkan bentuk ideal dalam pelaksanaannya.

Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Anak, Pencabulan, Lembaga Pemasyarakatan

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Aug 2022 01:04
Last Modified: 04 Aug 2022 01:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17779

Actions (login required)

View Item
View Item