INOVASI MOBILE PAYMENT ONLINE SYSTEM (MPOS) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PAJAK RESTORAN DI BADAN PENDAPATAN DAERAH KOTA MAKASSAR = Innovation Mobile Payment Online System in Increasing Restaurant Tax Revenue in The Regional Revenue Agency of Makassar City


Ambo, Siti Khadyja (2021) INOVASI MOBILE PAYMENT ONLINE SYSTEM (MPOS) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PAJAK RESTORAN DI BADAN PENDAPATAN DAERAH KOTA MAKASSAR = Innovation Mobile Payment Online System in Increasing Restaurant Tax Revenue in The Regional Revenue Agency of Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E21116310_skripsi_cover1.jpg

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E21116310_skripsi-bab 1-2.pdf

Download (763kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E21116310_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E21116310_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Siti Khadyja Ambo (E21116310), Inovasi Mobile Payment Online System (MPOS) Dalam Meningkatkan Pendapatan Pajak Restoran di Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar. 92 Halaman + 5 Gambar + 10 Tabel + 1 Grafik + 20 Pustaka + Lampiran, dibawah Bimbingan Dr. Muhammad Yunus, MA dan Dr. Muhammad Rusdi, M.Si

Pajak daerah merupakan sumber pendapatan daerah yang penting dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pembangunan daerah. Hal ini dapat didukung dengan sumbangan pendapatan asli daerah kota makassar. Keberadaan restoran atau rumah makan yang semakin banyak membuat pemerintah harus berusaha lebih baik dalam mengembangkan pelayanan publik. Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab pelayanan pemerintah terhadap masyarakat, pemerintah menghadirkan berbagai inovasi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), salah satunya adalah dengan pengembangan sistem inovasi Mobile Payment Online System (MPOS) yang menjadi alat pemantau dan dapat merekam setiap transaksi oleh wajib pajak untuk menghindari terjadinya kebocoran pajak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Inovasi Mobile Payment Online System dan mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan Inovasi Mobile Payment Online System dalam meningkatkan pendapatan Pajak Restoran di Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara, oberservasi dan studi dokumen, kemudian hasil wawancara dan observasi diolah sehingga diperoleh data guna menggambarkan dan mendeskripsikan Inovasi Mobile Payment Online System (MPOS) dalam Meningkatkan Pendapatan Pajak Restoran di Badan Pendapatan Daeran Kota Makassar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi Mobile Payment Online System (MPOS) dapat dikatakan cukup berhasil dalam meningkatkan pendapatan pajak restoran melalui sistem perekaman dan pemantauan pajak. Hal ini berdasarkan hasil analisis sesuai dengan 5 (lima) indikator inovasi yang dikemukakan oleh Roger, antara lain Relative Advantage (keuntugan relatif), Compatibility (kesesuaian), Complexity (kerumitan), Triabilty (kemungkinan dicoba), Observability (kemudahan diamati). Adapun hasil penelitian menunjukkan faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi penerapan Inovasi Mobile Payment Online System (MPOS).

Kata Kunci: Inovasi, Pajak Restoran, Mobile Payment Online System.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:41
Last Modified: 01 Aug 2022 07:41
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17759

Actions (login required)

View Item
View Item