Efektivitas Pengawasan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan dalam Pencegahan Maladministrsi = Effectiveness of Ombudsman Supervision of the Republic of Indonesia South Sulawesi Representative in Maladministrsi Prevention


Nuraeni, Nuraeni (2021) Efektivitas Pengawasan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan dalam Pencegahan Maladministrsi = Effectiveness of Ombudsman Supervision of the Republic of Indonesia South Sulawesi Representative in Maladministrsi Prevention. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E21116014_skripsi_cover1.jpg

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E21116014_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (956kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E21116014_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (798kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E21116014_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Nuraeni. Efektivitas Pengawasan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan dalam Pencegahan Maladministrasi. xvi + 80 Halaman + 7 tabel + 3 gambar + 26 Pustaka + Lampiran. Dibimbing oleh Dr. Muhammad Tang Abdullah, M.AP dan Prof. Dr. Muh. Nursadik, MPM

Studi ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengawasan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan dalam pencegahan maladministrasi. Permasalahan dalam pengawasan mal adminiistrasi di ombudsman ialah lemahnya sosialisasi pelatihan serta pengawasan ombudsman perwakilan Provinsi Sulawasi Selatan terhadap instansi pemerintah dan masyarakat di Kabupaten serta masih banyak OPD (organisasi perangkat daerah) melakukan prakek mal administrasi.
Secara umum, data penelitian yang digunakan adalah data kualitatif yang kemudian penulis sajikan secara deskriptif dengan cara menguraikan, menjelaskan, dan menggambarkan terkait dengan permasalahan yang berhubugan dengan penelitian ini. Penelitian ini penulis laksanakan di Kantor Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu asisten ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Selatan, bendahara dan masyarakat yang pernah melakukan pengaduan.
Hasil penelitian penulis menunjukan bahwa efektivitas pengawasan Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Selatan dalam Pencegahan Maladministrasi dapat dikatakan cukup efektif dalam melakukan pengawasan terhadap pencegahan tingkat maladministrasi. Hal ini berdasarkan hasil analisi sesuai dengan 5 (Lima) indicator yang dikemukakan oleh Hari Lubis dan MarthanI Husaini, antara lain(1) Efisiensi dalam pengawasan, (2) prosedur pelayanan, (3), responsivitas pegawai, (4) Kemampuan pegawai, (5) sarana dan prasarana. Adapun Cara Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan dalam menyelesaikan pengaduan pelayanan publik terhadap masyarakat yang melapor serta pencegahan yang dilakukan Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Sulawesi Selatan adalah didasarkan dengan Undang-Undang No. 37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman Republik Indonesia.

Kata Kunci: Efektivitas, Pengawasan, Maladministrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:39
Last Modified: 01 Aug 2022 07:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17753

Actions (login required)

View Item
View Item