IMPLEMENTASI PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL KARTU INDONESIA SEHAT PADA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KOTA MAKASSAR = THE IMPLEMENTATION OF THE JKN-KIS PROGRAM AT BPJS KESEHATAN MAKASSAR


Sahur, Askariani (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL KARTU INDONESIA SEHAT PADA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KOTA MAKASSAR = THE IMPLEMENTATION OF THE JKN-KIS PROGRAM AT BPJS KESEHATAN MAKASSAR. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E013171009_disertasi_cover1.jpg

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E013171009_disertasi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E013171009_disertasi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E013171009_disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Abstrak - Askariani Sahur. Implementasi Program JKN-KIS pada BPJS Kesehatan Kota Makassar (dibimbing oleh Prof. Dr. H. Muhammad Akmal Ibrahim, M.Si, Prof. Dr. H. Moh. Thahir Haning, M.Si dan Prof. Dr. Hamsinah, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi dan menganalisis implementasi kebijakan dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh George C. Edward.
Penelitian ini berfungsi sebagai ulasan tentang bagaimana implementasi kebijakan yang muncul sebagai transformasi dari kebijakan sebelumnya guna mencapai keberhasilan tujuan kebijakannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.
Hasil penelitian menunjukkan empat hal, yakni (1) meskipun memiliki pola transmisi dan kejelasan, namun biasanya struktur pelaksana membuat beberapa hambatan dalam komunikasi kegiatan; (2) sumber dayanya tidak digunakan secara maksimal akan menimbulkan kerawanan akan terjadinya kesalahan prosedur, ketidakpastian hukum, dan terhambatnya inovasi pelayanan; (3) tidak terdapat disposisi negatif terhadap implementasi JKN-KIS; dan (4) meskipun terdapat fragmentasi kebijakan yang besar, namun tidak ditemukan benturan kewenangan akibat struktur pengambilan keputusan top-down di organisasi BPJS Kesehatan.
Keywords : JKN-KIS, BPJS Kesehatan, Kota Makassar

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:49
Last Modified: 01 Aug 2022 01:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17736

Actions (login required)

View Item
View Item