PERAN KOALISI COTTON CAMPAIGN TERHADAP PENANGANAN FORCED LABOUR DI UZBEKISTAN = The Role of the Cotton Campaign Coalition Against Handling the Problem of Forced Labor in Uzbekistan


Faizal, Silviana Quen (2021) PERAN KOALISI COTTON CAMPAIGN TERHADAP PENANGANAN FORCED LABOUR DI UZBEKISTAN = The Role of the Cotton Campaign Coalition Against Handling the Problem of Forced Labor in Uzbekistan. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E13116505_skripsi_cover1.jpg

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E13116505_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E13116505_skripsi_dp.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E13116505_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Silviana Quen Faizal (E13116505) dengan judul skripsi “Peran Koalisi Cotton Campaign Terhadap Penanganan Masalah Forced Labour di Uzbekistan”, dibawa bimbingan Muh. Nasir Badu, S.Sos, M.Hum, Ph.D selaku pembimbing I, dan Ishaq Rahman, S.IP, M.Si selaku pebmbing II pada Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Koalisi Cotton Campaign terhadap penanganan masalah forced labour di Uzbekistan, beserta dampak dari strategi tersebut. Data diperoleh melalui telaah pustaka dan studi literatur berupa buku, jurnal, dokumen, laporan resmi dan berbagai sumber lainnya. Data dianalisis secara kualitatif, adapun data kuantitatif digunakan sebagai penunjang untuk memperjelas analisis kualitatif.
Kerja paksa yang terjadi di industri kapas Uzbeksitan merupakan permasalahan yang sistemik yang dimobilisasi langsung oleh pemerintah Uzbekistan, hal ini dikarenakan industri pertanian dan ekonomi politik yang di dominasi pemerintah sehingga kebijakan untuk memenuhi kuota produksi memaksa masyarakat sipil Uzbekistan agar mencapai kouta tersebut dalam kondisi apapun. Hasil dari penelitian ini menunjukan strategi utama yang dilakukan Koalisi Cotton Campaign selaku platform yang menghimpun organisasi, institusi, perusahaan dan investor ialah mengadvokasi isu tersebut. Adapun langkah strategis agar advokasinya lebih sistematis dengan menganalisis kebijakan, mengadakan penelitian, dan mengkampanyekan isu melalui penyaluran informasi, memberikan rekomendasi ilmiah kepada stake-holder yang terkait serta membuat petisi dalam rangka mendorong aksi boikot terhadap produk kapas Uzbekistan. Dampak dari advokasi Koalisis Cotton Campaign adalah penempatan Uzbekistan sebagai negara tingkat 3 dalam Laporan Perdagangan Manusia Global (TIP), Bank Dunia yang mengotrak ILO sebagai pemantau dari beberapa proyek Bank di Uzbeksitan, dukungan dari masyarakat internasional terhadap petisi serta respon pemerintah Uzbekistan yang berkomitmen untuk menghentikan mobilisasi kerja paksa.

Kata kunci: Koalisi Cotton Campaign, Mobilisasi, Kerja Paksa, Uzbekistan, Kapas, Advokasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:49
Last Modified: 01 Aug 2022 01:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17734

Actions (login required)

View Item
View Item