Strategi Diplomasi Publik Jepang dalam Pengembangan Halal Tourism = Japanese Public Diplomacy Strategy in the Development of Halal Tourism


Nastity, Andi Dea Amanda (2021) Strategi Diplomasi Publik Jepang dalam Pengembangan Halal Tourism = Japanese Public Diplomacy Strategy in the Development of Halal Tourism. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E13116314_skripsi_cover1.jpg

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E13116314_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E13116314_skripsi_dp.pdf

Download (445kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E13116314_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Andi Dea Amanda Nastity, (E13116314), “Strategi Diplomasi Publik Jepang dalam Pengembangan Halal Tourism”, dibawah bimbingan Ishaq Rahman, S.IP, M.Si selaku pembimbing I, dan Nurjannah Abdullah, S.IP, MA selaku pembimbing II, pada Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi Jepang dalam mengembangkan halal tourism di negaranya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Muslim mancanegara ke Jepang, serta untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi pengembangan halal tourism di Jepang. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang berupa telaah pustaka yang bersumber dari berbagai literatur seperti buku-buku, jurnal, artikel, situs internet resmi, serta laporan yang berkaitan dengan penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat strategi yang dilakukan oleh Jepang dalam mengembangkan halal tourism di negaranya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Muslim mancanegara. Strategi-strategi yang dilakukan diantaranya yaitu, mengembangkan fasilitas muslim friendly, sertifikasi halal, memperbanyak publikasi dan pelayanan halal tourism, dan kerjasama dalam bidang halal industry dengan Pemerintah Malaysia dan organisasi Muslim World League. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengembangan halal tourism di Jepang dipengaruhi oleh sejumlah faktor yang terdiri atas faktor internal dan eksternal.
Keywords : Muslim Jepang, Halal Tourism, Pariwisata, Strategi, Diplomasi Publik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:34
Last Modified: 28 Jul 2022 07:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17731

Actions (login required)

View Item
View Item