PENGARUH PERIODE BULAN TERHADAP PRODUKTIVITAS PENANGKAPAN PURSE SEINE KELURAHAN PA´JUKUKANG DI PERAIRAN KABUPATEN BANTAENG


Tahir, M. Padlan Fadilla (2022) PENGARUH PERIODE BULAN TERHADAP PRODUKTIVITAS PENANGKAPAN PURSE SEINE KELURAHAN PA´JUKUKANG DI PERAIRAN KABUPATEN BANTAENG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L23116011_skripsi_29-06-2022 cover1.png

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L23116011_skripsi_29-06-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L23116011_skripsi_29-06-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L23116011_skripsi_29-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

M.PADLAN FADILLA TAHIR. L231 16 011. “Pengaruh Periode Bulan Terhadap Produktivitas Penangkapan Purse seine Kelurahan Pa´Jukukang di Perairan Laut Kabupaten Bantaeng” dibimbing oleh Alfa F.P Nelwan sebagai Pembimbing Utama dan Muhammad Kurnia sebagai Pembimbing Anggota.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komposisi jenis hasil tangkapan, frekuensi hasil tangkapan, produksi hasil tangkapan berdasarkan periode bulan dan perbedaan hasil tangkapan berdasarkan periode bulan di Kelurahan Pa’Jukukang. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Mei hingga September 2020 di Laut Flores, Kelurahan Pa’Jukukang, Kabupaten Bantaeng. Pengambilan data dilakukan dengan mengikuti operasi penangkapan menggunakan purse seine sebanyak 30 trip. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer merupakan berat hasil tangkapan berdasarkan jenis ikan dan dikelompokkan berdasarkan fase bulan, yaitu periode gelap, gelap ke terang, terang dan terang ke gelap. Data sekunder didapatkan melalui wawancara dan studi literatur. Analisis data menggukan persamaan proporsi ikan yang tertangkap, frekuensi kemunculan ikan, produktivitas hasil tangkapan dan Uji Kruskal-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 7 jenis ikan yang tertangkap selama penelitian. Jenis ikan dengan komposisi tertinggi pada fase bulan terang, terang ke gelap dan gelap adalah ikan tongkol (Euthynnus affinis) dan periode bulan gelap ke terang adalah ikan selar kuning (Selaroides leptolepis). Frekuensi kemunculan tertinggi pada bulan terang adalah ikan tongkol (Euthynnus affinis), ikan selar kuning (Selaroides leptolepis) dan ikan talang-talang (Scomberoides tol), terang ke gelap dan gelap adalah cumi-cumi (Loligo sp) dan ikan selar kuning, bulan gelap ke terang adalah ikan selar kuning. Produktivitas tertinggi terjadi pada hauling pertama periode gelap sebesar 6,00 kg/menit. Terdapat perbedaan signifikan terhadap jumlah hasil tangkapan berdasarkan periode bulan pada periode bulan terang, sementara periode bulan terang-gelap, gelap dan gelap terang tidak terdapat perbedaan signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Periode bulan, purse seine, perbedaan hasil tangkapan
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:33
Last Modified: 28 Jul 2022 07:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17729

Actions (login required)

View Item
View Item