UPAYA HIVOS (HUMANISTICH INSTITUUT VOOR ONTWIKKELINGS-SAMENWERKING) MELALUI PROGRAM STRONGER TOGETHER DALAM PEMBERDAYAAN KORBAN KEKERASAN BERBASIS GENDER DI TIMOR-LESTE = HIVOS (HUMANISTICH INSTITUUT VOOR ONTWIKKELINGS-SAMENWERKING) EFFORTS THROUGH STRONGER TOGETHER PROGRAM IN EMPOWERING VICTIMS OF GENDER-BASED VIOLENCE IN TIMOR-LESTE


Alief, A. Muhammad Syafrie (2021) UPAYA HIVOS (HUMANISTICH INSTITUUT VOOR ONTWIKKELINGS-SAMENWERKING) MELALUI PROGRAM STRONGER TOGETHER DALAM PEMBERDAYAAN KORBAN KEKERASAN BERBASIS GENDER DI TIMOR-LESTE = HIVOS (HUMANISTICH INSTITUUT VOOR ONTWIKKELINGS-SAMENWERKING) EFFORTS THROUGH STRONGER TOGETHER PROGRAM IN EMPOWERING VICTIMS OF GENDER-BASED VIOLENCE IN TIMOR-LESTE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E13116312_skripsi cover1.jpg

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E13116312_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E13116312_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E13116312_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

A Muhammad Syafrie Alief, E 13116312. “Upaya Hivos (Humanistich Instituut Voor Ontiwekkelingssamenwerking) Melalui Program Stronger Together Dalam Pemberdayaan Korban Kekerasan Berbasis Gender di Timor-Leste” , di bawah bimbingan Bapak Muh. Nasir Badu selaku Pembimbing I dan Ibu Pusparida Syahdan selaku Pembimbing II, pada Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.

Penelitian ini bertujuan menjelaskan mengenai upaya Hivos (Humanistich Instituut Voor Ontiwekkelingssamenwerking) Melalui Program Stronger Together Dalam Pemberdayaan Korban Kekerasan Berbasis Gender di Timor-Leste. Pembahasan dalam penelitian ini berfokus pada bagaimana strategi dan juga peranan Hivos (Humanistich Instituut Voor Ontiwekkelingssamenwerking) Dalam Pemberdayaan Korban Kekerasan Berbasis Gender di Timor-Leste. Di dalam penelitian ini digunakan tipe kualitatif, dengan jenis data primer dan metode pengempulan data wawancara dengan pihak Hivos dan beberapa organisasi non- pemerintah terkait dan telaah Pustaka melalui berbagai literatur yang berkaitan dengan program Stronger Together dalam pemberdayaan korban kekerasan gender di Timor-Leste yang berasal dari buku, jurnal, dokumen, laporan, maupun artikel. Selanjutnya dalam mengganalisis data digunakan Teknik analisis data kualitatif dan metode penulisan deduktif.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Hivos telah merancang strategi dalam program Stronger Together berupa Kerjasama dan kolaborasi dengan dua organisasi non-pemerintah lokal di Timor-Leste yaitu FOKUPERS dan ACbit. Hivos memilih untuk berkolaborasi karena Hivos percaya bahwa kedua organisasi ini telah memiliki pengalaman dan pemahaman yang komprehensif mengenai dinamika gender di Timor-Leste. Strategi lain yang Hivos rancang ialah Hivos telah merancang program Stronger Together ini untuk turut berpartisipasi, meningkatkan, dan melengkapi pengimplementasian dari National Action Plan on Gender Based Violence 2017-2021 (NAP-GBV) yang telah di rancang oleh Secretariat of State for The Support and Socio-economic Promotion of Women (SEM). Selain itu program ini juga turut berkontribusi terhadap Sustainable Development Goals yang kelima yaitu untuk mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan dan juga tujuan kedelepan yaitu untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, inklusi, serta pekerjaan yang layak untuk semua.
Kata Kunci : HIVOS, Pemberdayaan perempuan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:33
Last Modified: 28 Jul 2022 07:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17728

Actions (login required)

View Item
View Item