IMPLEMENTASI HALLYU SEBAGAI DIPLOMASI PUBLIK KOREA SELATAN TERHADAP PENINGKATAN PEMASARAN SMARTPHONE SAMSUNG INDONESIA = IMPLEMENTATION OF HALLYU AS SOUTH KOREA'S PUBLIC DIPLOMACY TOWARDS IMPROVING SAMSUNNG SMARTPHONE MARKETING IN INDONESIA


Rivai, Muhammad Abdul (2020) IMPLEMENTASI HALLYU SEBAGAI DIPLOMASI PUBLIK KOREA SELATAN TERHADAP PENINGKATAN PEMASARAN SMARTPHONE SAMSUNG INDONESIA = IMPLEMENTATION OF HALLYU AS SOUTH KOREA'S PUBLIC DIPLOMACY TOWARDS IMPROVING SAMSUNNG SMARTPHONE MARKETING IN INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E13116308_skripsi_cover1.jpg

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E13116308_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (963kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E13116308_skripsi_dp.pdf

Download (699kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E13116308_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Muhammad Abdul Rivai, (E13116308), “Implementasi hallyu sebagai Diplomasi Publik Korea Selatan Terhadap Meningkatkan Pemasaran Smartphone Samsung Indonesia” , dibawah bimbingan Dr. H. Adi Suyadi B, MA selaku pembimbing I, dan Ishaq Rahman, S.IP, MA selaku pembimbing II, pada Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk budaya hallyu dalam diplomasi publik, serta untuk mengetahui dampak dari kebijakan hallyu terhadap pemasaran smartphone samsung di Indonesia. Penelitian ini menggunakan 3 kerangka konseptual yaitu diplomasi publik, soft power, dan MNC. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa telaah pustaka yang bersumber dari berbagai literatur seperti buku-buku, jurnal, artikel, situs internet resmi, serta laporan yang berkaitan dengan penelitian ini.
Pertanyaan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk budaya hallyu dalam diplomasi publik dan bagaimana dampak dari kebijakan hallyu terhadap pemasaran smartphone samsung di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat strategi yang dilakukan oleh baik dari Pemerintah Korea Selatan maupun non-aktor didalamnya. Hal ini terlihat dalam berbagai kebijakan, perjanjian maupun strategi untuk menyebarkan budaya hallyu. Penyebaran budaya hallyu ini juga memberikan peningkatan yang positif kepada penjualan smartphone Samsung di Indonesia. Yangmana Samsung telah memanfaatkan korean wave, dalam strategi pemasarannya. Itulah yang membuat peningkatan dalam penjualannya di Indonesia.
Keywords : Hallyu, K-pop, Samsung, Diplomasi Publik, Soft Power

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:33
Last Modified: 28 Jul 2022 07:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17727

Actions (login required)

View Item
View Item