IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA BUKU PANDUAN SHOLAT BERBASIS MOBILE ANDROID


Alimuddin, Nurdiansyah Alimuddin (2020) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA BUKU PANDUAN SHOLAT BERBASIS MOBILE ANDROID. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D42113029_skripsi COVER1.png

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
D42113029_skripsi 1-2.pdf

Download (0B)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D42113029_skripsi PD.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D42113029_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Abstrak - Sholat merupakan salah satu rukun islam. Selain itu mempelajari shalat merupakan kewajiban bagi setiap muslim, karena shalat adalah bentuk pengabdian manusia kepada Allah SWT yang wajib dilaksanakan agar didalam setiap kegiatannya selalu diberikan keberkahan, kebaikan, kemudahan, dan jalan keluar dari kesulitan yang menimpa. Anak-anak perlu diajarkan untuk mempraktekkan shalat fardhu (wajib) 5 waktu sejak dini. Tujuan dari mengajarkan shalat fardhu (wajib) 5 waktu sejak dini yaitu agar anak menjadi simpatik dan terbiasa melakukan shalat sejak usia dini, Android merupakan sistem operasi terbuka yang diperuntukkan untuk mobile device dan smartphone yang saat ini sedang sangat diminati oleh masyarakat. Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) ini maka diharapkan bagi yang baru belajar gerakan dan bacaan shalat akan semakin antusias dan tertarik dengan tuntunan shalat yang sudah dilengkapi dengan teknologi Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk memandu anak dalam belajar menunaikan Shalat. Dengan adanya dukungan dari vuforia qualcomm, Unity 3D dapat juga digunakan sebagai engine untuk membuat aplikasi berbasis augmented reality secara 3 dimensi. Jika user menekan mode AR maka akan ke halaman AR untuk melakukan scanning marker dan memunculkan objek 3D. jika user menekan menu bacaan shalat maka akan ke halaman bacaan shalat yang menampilkan bacaan shalat sesuai dengan buku atau marker yang digunakan. Data kuesioner yang telah di olah menjadi acuan akhir dari keberhasilan aplikasi yang dibangun. Berdasarkan standar nilai kuantitatif kriteria nilai keseluruhan/Overall memiliki nilai 2.8 dimana nilai 2.8 berada diantara 2.41 – 3.0 sehingga kesimpulan aplikasi yang dibangun dinyatakan Sangat Baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, AR, Android, Unity 3D, Vuforia, Aplikasi Panduan Sholat
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 04 Jan 2021 04:08
Last Modified: 04 Jan 2021 04:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1771

Actions (login required)

View Item
View Item