PENGGUNAAN INSTAGRAM SANGGAR TARI D’LANGI SEBAGAI MEDIA AKTUALISASI DIRI DI TORAJA


Sumule, Elim Marante (2021) PENGGUNAAN INSTAGRAM SANGGAR TARI D’LANGI SEBAGAI MEDIA AKTUALISASI DIRI DI TORAJA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
E31116003_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
E31116003_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (974kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E31116003_skripsi_cover1.jpg

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
E31116003_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ELIM MARANTE SUMULE. Penggunaan Instagram Sanggar Tari D’Langi Sebagai Media Aktualisasi Diri Di Toraja (Dibimbing oleh Dr. Kahar dan Andi Subhan Amir).
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui penggunaan media sosial instagram sebagai aktualisasi diri anggota komunitas sanggar seni dalam mempengaruhi kesenian tari di Toraja; (2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi aktualisasi diri anggota sanggar tari lewat media sosial instagram.
Penelitian ini dilaksanakan di kota Rantepao, Toraja Utara. Ada pun informan penelitian ini adalah anggota Sanggar Tari D’Langi di Toraja. Informan penelitian ini ditentukan secara Purposive Sampling berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif.
Data primer dikumpulkan menggunakan obserfasi partisipan dan wawancara terstruktur dengan anggota Sanggar Tari D’Langi di Toraja, sedangkan data sekunder dikumpulkan melalui kajian beberapa literatur dan data yang diperoleh dari anggota Sanggar Tari D’Langi di Toraja. Data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk aktualisasi diri anggota Sanggar Tari D’Langi di Toraja melalui aktifitas yang dilakukan di instagram, bagwa anggota mengaktualisasikan dirinya melalui seni. Seni yang diekspresikan melalui berbagai jenis tarian. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang menjadikan instagram sebagai media aktualisasi diri anggota Sanggar tari D’Langi di Toraja yaitu faktor Inspirasi, Pelepasan Ketegangan, dan Mudah digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktualisasi Diri, Pengaruh, Anggota Sanggar Tari D’Langi, Instagram.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 28 Jul 2022 05:55
Last Modified: 28 Jul 2022 05:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17705

Actions (login required)

View Item
View Item