EVALUASI PROGRAM BANTUAN PEMBERDAYAAN PETERNAK DI KABUPATEN MERAUKE = An Evaluation on the Program Of Livestock Empowerment Assistance In Merauke Regency


Kimko, Thomas (2021) EVALUASI PROGRAM BANTUAN PEMBERDAYAAN PETERNAK DI KABUPATEN MERAUKE = An Evaluation on the Program Of Livestock Empowerment Assistance In Merauke Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E012191013_tesis_cover1.jpg

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E012191013_tesis_bab 1-2.pdf

Download (834kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E012191013_tesis_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E012191013_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

THOMAS KIMKO. Evaluasi Program Bantuan Pemberdayaan Peternak Di Kabupaten Merauke (dibimbing oleh H. Muh. Akmal Ibrahim dan Fitriani).

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi Program Bantuan Pemberdayaan Peternak Di Kabupaten Merauke.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan di Kabupaten Merauke pada kelompok peternak yang menerima program bantuan pemberdayaan peternak dengan jumlah informan sebanyak 16 orang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.
Hasil penelitian yang menggunakan indikator evaluasi menurut William N. Dunn menunjukkan bahwa secara efektivitas (effectiveness) pemberian bantuan ternak sudah sesuai dengan sasarannya yakni kepada kelompok peternak yang terdiri dari peternak ayam, peternak sapi dan peternak babi. Bantuan ternak ini juga sudah cukup efisien (efficiency) di mana hasilnya adalah membantu ekonomi kelompok peternak walaupun dalam perjalanannya ada kelompok masyarakat khususnya peternak lokal yang bantuan ternaknya mati karena berbagai faktor. Dari sisi kecukupan (adequacy) program bantuan ternak ini sudah sangat cukup dalam hal penyaluran bantuan kepada kelompok peternak mengingat banyaknya permohonan bantuan ternak sehingga digunakan sistem bergulir. Faktor yang kurang adalah dari sisi perataan (equity) di mana tidak semua kelompok mendapatkan bantuan karena keterbatasan anggaran maupun karena faktor lainnya yang menyampingkan asas perataan. Sementara itu dari sisi responsivitas (responsiviness) pada awal pemberian bantuan dinas terkait selalu merespons dengan baik dengan melakukan pendampingan dan kontrol akan tetapi seiring berjalannya waktu hal tersebut sudah tidak berjalan lagi. Dalam hal ketepatan (appropriateness) program pemberdayaan pemberian bantuan ternak pada masyarakat oleh Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kabupaten Merauke sejauh ini terlihat baik yaitu pemberian ternak yang tepat sasarannya dan memberikan dampak yang baik dari sisi peningkatan ekonomi masyarakat khususnya petani ternak.

Keywords : Evaluasi, Program, Pemberdayaan, Peternak.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Jul 2022 05:27
Last Modified: 27 Jul 2022 05:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17700

Actions (login required)

View Item
View Item