IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DAFTAR PEMILIH DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG = IMPLEMENTATION OF THE POLICY OF THE GENERAL ELECTION COMMISSION (KPU) IN IMPROVING THE QUALITY OF THE VOTER LIST IN SIDENRENG RAPPANG REGENCY


Syaiful, Andi (2021) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DAFTAR PEMILIH DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG = IMPLEMENTATION OF THE POLICY OF THE GENERAL ELECTION COMMISSION (KPU) IN IMPROVING THE QUALITY OF THE VOTER LIST IN SIDENRENG RAPPANG REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E012191010_tesis_cover1.jpg

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E012191010_tesis_bab 1-2.pdf

Download (862kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E012191010_tesis_dp.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E012191010_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini membahas tentang implementasi kebijakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam meningkatkan kualitas daftar pemilih di Kabupaten Sidenreng Rappang. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis implementasi kebijakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang pemutakhiran daftar pemilih dan juga untuk melihat apa hasil dari proses implementasi kebijakan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dimana analisisnya fokus pada data numerical (angka) yang selanjutnya diolah menggunakan data statistik.
Teori yang digunakan adalah teori Merilee S. Grindle (1980) yang menyatakan bahwa implementasi kebijakan dipengaruhi oleh isi kebijakan (conten of policy) yang terdiri dari enam indikator yaitu kepentingan yang terpengaruhi, manfaat yang dihasilkan, derajat perubahan yang diinginkan, kedudukan pembuat kebijakan, pelaksana program dan sumber daya yang dikerahkan. Sedangkan konteks implementasinya (contex of implementation) terdiri dari dua yaitu karakteristik lembaga dan penguasa, dan kepatuhan atau daya tanggap masyarakat. Teori tersebut digunakan untuk mencari dan menganalisi jawaban dari rumusan masalah yang terdapat dalam tesis ini.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa isi kebijakan (conten of policy) dan konteks implementasi (Contex of implementaion) dari kebijakan KPU tentang pemutakhiran daftar pemilih memiliki kualitas yang baik sehingga hasil dari implementasi kebijakan tersebut melahirkan daftar pemilih yang berkualitas dengan rata-rata skor jawaban dari responden sebesar 3,75. Hal ini juga dikuatkan dengan temuan data yang menunjukkan bahwa daftar yang dihasilkan dari kebijakan ini lebih baik jika dibandingkan dengan daftar pemilih pada pemilu sebelumnya.

Keywords : KPU, Implementasi kebijakan, Kualitas Daftar Pemilih.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:05
Last Modified: 27 Jul 2022 03:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17699

Actions (login required)

View Item
View Item