Pengaruh customer relationship marketing dan customer bonding terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada grapari telkomsel makassar.


Sapanang, A. Baso Aditya (2022) Pengaruh customer relationship marketing dan customer bonding terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada grapari telkomsel makassar. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
A022202009_tesis_12-07-2022 cover1.png

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
A022202009_tesis_12-07-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
A022202009_tesis_12-07-2022 dp.pdf

Download (542kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
A022202009_tesis_12-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
A.Baso Aditya Sapanang 2022 Pengaruh customer relationship marketing dan customer bonding terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variable intervening pada grapari telkomsel makassar. Dibimbing Oleh Haris Maupa dan Jusni.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh customer relationship marketing dan Customer bonding, terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variable intervening. Populasi dalam Penelitian ini adalah corporate customer grapari telkomsel makassar. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 60 orang dengan menggunakan Teknik random sampling dengan rumus slovin untuk penentuan sampel nya Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan kuesioner. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunkan Statistical Product and Servise Solution (SPSS) v.26.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari variable customer relationship marketing berpengaruh positif, signifikan secara langsung terhadap loyalitas pelanggan, dibuktikan dengan nilai output statistic yang menyatakan nilai sig < 0,05 namun dengan pengujian menggunakan variable intervening yakni melalui kepuasan pelanggan, customer relationship marketing tidak memiliki pengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan , dibuktikan dengan nilai pengaruh langsung > nilai pengaruh tidak langsung, variable customer bonding berpengaruh positif signifikan secara langsung terhadap loyalitas pelanggan dibuktikan dengan nilai output statistic yang menyatakan nilai sig < 0,05 , dan juga memiliki pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan dibuktikan dengan besarnya nilai pengaruh tidak langsung > pengaruh langsung, dan yang terakhir kepusan pelanggan berpengaruh positif signifikan secara langsung terhadap loyalitas pelanggan grapari telkomsel makassar ini dibuktikan dengan hasil regresi yang menyatakan tingkat nilai signifikasi < 0.05 sesuai dengan standar dikatakan siginifikannya hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:09
Last Modified: 27 Jul 2022 02:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17657

Actions (login required)

View Item
View Item