Karya Komunikasi Buku Foto " Saeyyang Pattuqduq: Perayaan Khataman Al Quran di Polewali Mandar.


Dewantara, Agung (2021) Karya Komunikasi Buku Foto " Saeyyang Pattuqduq: Perayaan Khataman Al Quran di Polewali Mandar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
E31114307_skripsi bab 1-2.pdf

Download (976kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E31114307_skripsi cover1.jpg

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
E31114307_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
E31114307_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

AGUNG DEWANTARA. E31114307. Karya Komunikasi Buku Foto “Saeyyang Pattuqduq; Perayaan Khataman Al Quran di Polewali Mandar. (Dibimbing oleh Kahar dan Alem Febri Sonni) Skripsi: Program S-1 Universitas Hasanuddin.
Skripsi karya ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui proses pra-produksi sebuah buku foto (2) Untuk mengetahui proses produksi sebuah buku foto (3) Untuk mengetahui proses pasca produksi sebuah buku foto.
Buku Foto “Karya Komunikasi Buku Foto “Saeyyang Pattuqduq; Perayaan Khataman Al Quran di Polewali Mandar adalah buku foto bertema tentang budaya yang menyajikan informasi secara visual dan tulisan tentang proses tradisi Saeyyang Pattuqduq, dimulai dari proses seorang anak yang mengaji, khatam Al-quran, hingga proses puncak yaitu Saeyyang Pattuqdu. Selain proses penamatan Al-Quran, ditampilkan semua elemen-elemen yang ada pada tradisi Saeyyang Pattuqdu, seperti anak yang mengaji, khatam Al-Quran, kuda yang menari, parrawana (perebana), kalindaqdaq, bagaiamana antusiasme masyarakat terhadap tradisi dan hiasan-hiasan yang ada pada tradisi Saeyyang Pattuqduq. Setiap elemen yang ada pada tradisi ini akan ditampilkan secara visual dan diceritakan secara deskriptif tentang bagaimana masing-masing elemen berperan dalam pelaksanaan tradisi Saeyyang Pattuqduq.
Teknik yang digunakan penulis dalam pembuatan buku foto ini yaitu dengan melalui tahap pra produksi meliputi penentuan tema dan konsep perancangan buku foto. Kemudian masuk tahap produksi yaitu pengumpulan data, pemotretan, penulisan cerita. Tahap akhir dari pembuatan buku foto yaitu pasca produksi yang meliputi proses kurasi, editing, layout, revisi dan naik cetak. Target pembaca adalah semua kalangan terkhusus kalangan yang memiliki ketertarikan tentang kebudayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fotografi, Tradisi, Saeyyang Pattuqduq, Skripsi Karya, Khatam Al Quran, Mandar, Buku Foto, Budaya, Komunikasi,
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 26 Jul 2022 01:47
Last Modified: 26 Jul 2022 01:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17630

Actions (login required)

View Item
View Item